Pemasaran Tradisional Menuju Pemasaran Digital (From Traditional To Digital Marketing)

/Technopreneur

Apa itu periklanan digital adalah pertanyaan yang sangat luas, tetapi seringkali lebih mudah untuk menjelaskan mengapa perusahaan saat ini membutuhkan iklan digital lebih dari apa pun. Dengan beralihnya konsumen ke internet, tidak heran mengapa begitu banyak merek berupaya keras dalam pemasaran online.

Kebanyakan perusahaan/wirausahawan terutama pemula sering kali memiliki banyak pertanyaan :
Apa itu pemasaran digital?
Bagaimana cara membuat iklan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan?
Mengapa saya harus peduli dengan pemasaran digital untuk perusahaan saya?

Saat ini, orang sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran online merek saat ini. Sebelum membeli produk, sebagian besar akan melihat akun media sosial perusahaan serta ulasan online. Banyak orang/perusahaan dapat menghasilkan begitu banyak uang dari pemasaran online sehingga dapat diyakin merek mana pun dapat memperoleh manfaat dari pemasaran digital.

Sebagai sebuah perusahaan/usaha, tentu ingin berada pada posisi/tempat yang diperhatikan. Itulah mengapa dapat dipercaya bahwa setiap bisnis kecil harus memanfaatkan strategi pemasaran digital hemat biaya yang tersedia. Ini dapat membantu sebuah usaha untuk menghasilkan lebih banyak penjualan atau prospek, meningkatkan loyalitas merek, dan bahkan mendapatkan lebih banyak pembelian berulang. Sekarang mudah untuk melihat mengapa pemasaran digital itu penting.

Baca Juga :
Search Engine Optimization (SEO)
Scale Facebook Ad Campaigns
Brand Positioning

 

Apa itu Periklanan Digital?

Iklan digital adalah tentang membuat konten dan berbagi ke world wide web, yang berarti media sosial, mesin pencari, situs web, dan tempat web lainnya yang menghasilkan visibilitas yang luar biasa. Karena masyarakat saat ini sangat fokus pada layarnya, penting untuk memanfaatkan iklan digital untuk mendapatkan visibilitas dan hadir di mata pelanggan Anda.

Mengapa sebagian besar perusahaan menghabiskan anggaran besar untuk iklan digital? Di situlah pelanggan berada dan bagian terpenting dari pemasaran adalah terlihat. Iklan yang tidak terlihat bukanlah iklan. Itulah mengapa menjadi aktif di Facebook, Youtube, Instagram, Google, dan situs web Anda sangat penting saat ini.

Jika Anda tidak yakin harus melakukan periklanan digital, berikut beberapa statistik yang mungkin membuat Anda terkagum-kagum:

1.Google menerima 63.000 pencarian per detik
2.Facebook memiliki lebih dari 1,6 miliar pengguna
3.15% dari semua penelusuran belum pernah dilakukan sebelumnya
4.Pencarian Google tumbuh sekitar 10% setiap tahun
5.Instagram memiliki 5 juta pengguna aktif

Sekarang dapat dilihat pentingnya periklanan digital dalam lanskap pemasaran modern. Di antara semua pencarian dan pengguna media sosial aktif itu terletak target pasar . Sasaran Anda sekarang adalah membuat konten yang menarik mereka dan mengubahnya menjadi pelanggan untuk membantu perusahaan atau sebuah usaha berkembang.

 

Dari pemasaran tradisional hingga pemasaran digital

Dengan lebih dari 1,6 miliar pengguna aktif di Facebook, dapat dikatakan bahwa orang-orang telah mengalihkan perhatian mereka. Itu hampir 25% dari populasi. Google memiliki hampir 5 miliar kueri setiap hari. Dengan tampil di tempat-tempat tersebut, merek Anda pasti akan dapat memperoleh visibilitas dan menarik pelanggan baru.

Kebanyakan orang akan mengatakan bahwa Internet sebagian besar disesuaikan untuk kaum muda. Mereka yang lahir setelah tahun 1995 telah melihat Internet sejak mereka masih kecil, tetapi itulah kenyataannya. Menurut Stat Can, pada 2016, 85,0% lansia berusia 65 hingga 69 tahun adalah pengguna internet, dibandingkan dengan 62,0% lansia berusia 75 hingga 79 dan 40,8% lansia berusia 80 atau lebih.

Semua orang menggunakan internet dan itulah alasan pemasaran digital sangat kuat. Selain itu, iklan digital biasanya berfungsi dalam hal bayar per klik yang berarti siapa pun dengan anggaran berapa pun dapat mulai menghasilkan hasil.

Sekarang, ini tidak berarti bahwa metode periklanan digital tahun 2005 masih berfungsi sampai sekarang di tahun 2020. Lanskap periklanan digital telah sangat meningkat. Iklan scammy dari orang-orang tua yang mengatakan mereka menemukan rahasia dan Anda bisa mendapatkannya hanya dengan $ 99 untuk kemudian mengetahui bahwa tagihan berulang sudah berakhir.

Kita berada dalam fase periklanan digital yang menempatkan banyak fokus pada transparansi & bantuan.

 

Apa manfaat iklan digital?

# 1 – Penonton/Sasaran untuk konten yang cocok

Iklan digital sangat kuat karena memungkinkan pengiklan untuk mengontrol lebih banyak parameter daripada iklan tradisional. Faktanya, Anda dapat memilih dengan tepat siapa yang Anda inginkan untuk melihat iklan digital Anda dan dengan demikian membuat iklan yang relevan.

Keuntungannya cukup drastis jika Anda membandingkannya dengan iklan surat kabar, radio, atau majalah yang hanya memiliki informasi luas tentang khalayak sasaran. Misalnya, Anda dapat memilih rentang usia yang tepat yang ingin Anda targetkan dengan iklan Facebook atau Instagram Anda. Ini dapat memungkinkan kampanye iklan Anda menghasilkan hasil yang jauh lebih baik daripada iklan tradisional apa pun yang akan Anda buat.

 

# 2 – Pengembalian investasi yang solid

Iklan digital luar biasa karena Anda dapat melacak hasil Anda dengan apa yang kami sebut pengoptimalan tingkat konversi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang tingkat konversi, saya sangat merekomendasikan artikel kami “Apa itu Tingkat Konversi? Bagaimana Mengukur & Meningkatkan Tingkat Konversi Anda “.

Tujuan periklanan digital bervariasi tetapi dalam banyak kasus, tujuan akhirnya adalah menghasilkan penjualan. Hal yang luar biasa adalah Anda dapat mengaitkan penjualan dengan kampanye yang Anda jalankan yang memungkinkan Anda mengoptimalkan anggaran untuk membelanjakan lebih banyak pada kampanye itu daripada yang lain. Bahkan lebih baik lagi, platform mulai memanfaatkan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan Anda secara real-time.

Selain itu, Anda dapat menargetkan ulang pengunjung situs web Anda atau pelanggan lama untuk mendorong mereka membeli lebih banyak dengan cara yang tidak mengganggu. Dengan dapat menampilkan konten Anda kepada orang-orang yang Anda inginkan tepat pada waktu yang Anda inginkan, tidak perlu terburu-buru untuk membuat iklan get-a-sale-or-die-mencoba.

 

# 3 – Periklanan digital terjangkau & dapat diskalakan

Terkait periklanan, bukan hal baru bahwa periklanan digital sangat fleksibel. Anda dapat membelanjakan mulai dari $ 2 per hari hingga beberapa juta per hari tergantung pada anggaran Anda. Faktanya, jika Anda menghasilkan laba atas investasi, Anda dapat meningkatkan anggaran dan mengembangkan bisnis Anda dengan cukup cepat.

Tujuan dengan periklanan digital adalah untuk menguji materi iklan, audiens, dan produk baru sampai Anda menemukan kampanye pemasaran digital yang menguntungkan. Ini dapat memungkinkan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda tanpa kehilangan dana dengan memastikan Anda tetap menguntungkan.

Jika Anda menghasilkan hasil yang baik, Anda dapat meningkatkan anggaran. Jika Anda tidak membuahkan hasil yang baik, Anda dapat memutuskan untuk menurunkan anggaran atau berhenti berbelanja. Jangan khawatir, Anda memiliki kendali penuh atas uang yang dibelanjakan. Anda bahkan dapat memilih untuk mengurangi pengeluaran iklan jika iklan Anda bekerja terlalu baik untuk Anda dan ingin memperlambat pertumbuhan.

 

# 4 – Mudah untuk memulai & melihat hasilnya

Kita dapat mulai memposting media sosial, membuat lebih banyak profil media sosial, meningkatkan desain web, atau bahkan mulai iklan berbayar dalam beberapa jam. Ada begitu banyak tutorial online saat ini. Dengan melakukannya sendiri, mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan hasil Anda mungkin tidak seperti yang Anda harapkan, tetapi Anda pasti bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya!

Facebook ads manager

# 5 – Iklan digital Ramah Anggaran

Salah satu hal paling menakjubkan dalam hal periklanan digital adalah Anda dapat sepenuhnya mengontrol anggaran Anda. Anda dapat memilih untuk membelanjakan $ 1 per hari atau $ 1.000 per hari jika itu masuk akal untuk bisnis Anda.

Inilah mengapa kami merekomendasikan periklanan digital untuk bisnis apa pun karena mereka semua memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas di antara target pasar mereka.

Dan, tentu saja, berapa pun anggaran Anda, ada cara untuk memberikan hasil. Semakin banyak Anda membelanjakan semakin cepat Anda akan mendapatkan hasil dan semakin banyak hasil yang akan Anda dapatkan, tetapi itu tidak berarti Anda tidak akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan untuk anggaran periklanan digital awal Anda.

 

# 6 – Iklan digital dapat memberikan hasil yang cepat

Dalam periklanan digital, ada strategi jangka panjang dan jangka pendek. Misalnya, SEO & pemasaran konten adalah strategi yang membawa hasil jangka panjang sementara iklan media sosial dapat membawa hasil lebih cepat. Bergantung pada tujuan Anda, selalu ada strategi periklanan digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin cepat, Anda dapat mulai menghabiskan $ 1.000 per hari untuk iklan Facebook dan menjangkau jutaan orang dalam sehari dalam beberapa menit. Tentu saja, melakukannya dengan benar akan membutuhkan seorang ahli tetapi kita dapat mewujudkannya dengan cukup cepat.

 

8 contoh periklanan digital yang kuat dan mapan

Ada banyak strategi untuk periklanan digital. Saya telah memutuskan untuk membuat daftar beberapa untuk membantu Anda memahami kemungkinan dan pemain utamanya.

  • Facebook ads
  • Linkedin ads
  • Conversion Rate Optimization
  • Search Engine Optimization
  • Social media management
  • Email marketing
  • Content marketing
  • Landing page design

 

Dengan strategi tersebut, Anda dapat mencapai tujuan yang menurut Anda tidak mungkin untuk pertumbuhan bisnis Anda. Berikut daftar beberapa sasaran yang dapat Anda capai:

  1. Hasilkan lebih banyak prospek
  2. Dapatkan lebih banyak penjualan
  3. Tingkatkan nilai pesanan rata-rata Anda
  4. Tingkatkan nilai umur pelanggan Anda
  5. Dapatkan lebih banyak visibilitas

 

Baca Juga :

Strategi Brand Positioning Dalam Pengembangan Usaha/Bisnis

Search Engine Optimization (SEO)
Scale Facebook Ad Campaigns
Brand Positioning

 

Source :

Aristide Basque: Co-Founder of SH1FT