Desain logo adalah sebuah seni. Logo dapat membuat kesan yang tahan lama pada pelanggan potensial dengan menyampaikan emosi melalui gambar kecil ini. Logo harus dirancang untuk membuat pemirsa mengingat nama merek dan nilai-nilai yang terkait dengannya.
Playboy : Google
Misalnya, logo di atas akan segera mengingatkan Anda tentang satu merek tertentu dan jenis nilai yang dapat diberikannya kepada pemirsa.
Logo VS : Google
Misalnya, nama organisasi logo ini akan terdiri dari dua kata (V dan S). Sifat Luxurious and Sensuality dari merek dapat dilihat dari keanggunan font yang digunakan dan kurva pada huruf ‘S’.
Mari kita pahami bahas poin berguna, harus kita pertimbangkan saat mendesain logo .
1- Hanya mengandalkan simbol atau huruf untuk menciptakan pengenalan merek yang berbeda.
Kita dapat menggunakan nama lengkap perusahaan atau hanya inisial, seperti kebanyakan merek.
Gambar logo :artsfon.com
Gambar logo :artsfon.com
Faktanya, banyak brand mewah yang sangat mengandalkan gaya font saja untuk menunjukkan sensualitas brand tersebut.
2- Menggunakan maskot dengan atau tanpa teks untuk menyampaikan merek.
Gambar WWF : Google
Seperti di atas, meskipun hanya gambar binatang yang ada tanpa teks, kebanyakan dari kita akan merasa bahwa organisasi ini mungkin bekerja di sekitar perlindungan kehidupan liar.
3- Memilih warna yang tepat untuk logo Anda sangat penting.
Membatasi pilihan warna menjadi satu adlah suatu hal yang cukup bijak. Akan lebih baik lagi jika warna yang Anda pilih sesuai dengan nilai-nilai organisasi Anda. Kita harus menggunakan ilmu warna saat memilih warna latar depan dan latar belakang.
Gambar Warna Logo : Google
4- Memahami batasan desain Digital Logo.
Seperti kita ketahui bahwa saat ini setiap merek harus ada di Internet. Untuk itu, kita harus memperhatikan batasan desain logo, kapan logo itu akan digunakan untuk produk kita.
Gambar Format Image : Google
Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat logo
Seperti yang kita ketahui, Logo merupakan sebuah gambar yang mewakili identitas dari perusahaan yang kamu bangun. Jika kita menanyakan kepada orang-orang mengenai apa saja logo yang mereka kenal, sebagian besar akan menyebutkan berbagai logo yang sangat ikonik seperti Apple, Facebook, Nike,dan sebagainya. Nah, oleh karena itu ada hal-hal yang dapat membuat logo ikonik sehingga diingat oleh begitu banyak orang, bahkan bersifat timeless. Berikut beberapa hal yang perlu juga mendapat perhatian ketika kita membuat logo.
1. Perhatikan Warna dan Ukuran yang Digunakan
Warna dan ukuran menjadi bagian yang terpenting dalam pembuatan logo, karena warna akan memberikan nyawa serta arti. Dalam pembuatan logo, disarankan untuk menggunakan warna dominan dan hanya menggunakan tiga kombinasi warna agar tetap terlihat profesional. Nah, selain warna, aspek ukuran juga mempengaruhi baik tidaknya logo perusahaan, yaitu pastikan bahwa logo tersebut dapat diperbesar ataupun diperkecil pada ukuran apa saja tanpa kehilangan identitas perusahaan.
2. Simple
Kesederhanaan juga merupakan unsur yang menentukan kesuksesan sebuah logo. Logo tidak perlu didesain terlalu kompleks atau rumit untuk memberikan banyak arti. Bahkan, banyak orang lebih suka desain yang tetap sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Seperti logo Fedex yang merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman, dimana antara huruf E dan X terdapat bentuk panah yang melambangkan tujuan Fedex untuk terus maju ke depan.
3. Pasif vs Aktif
Pasif dan aktifnya sebuah logo memberikan kesan lebih hidup atau lebih nyata bila diberikan gerakan. Nih, contohnya Twitter. Coba kamu lihat, logo yang sebelah kiri tidak begitu memberikan kesan bahwa itu adalah seekor burung sungguhan. Tetapi coba kamu lihat, versi di sebelah kanan memberikan kesan lebih hidup kan? Nah, oleh karena itu jika sebuah logo perusahaan terlihat pasif, maka tidak akan memberikan interaksi kepada pengguna atau pelanggan dalam melihat identitas dari perusahan tersebut. Beda halnya jika logo perusahaan tersebut terlihat aktif, yang akan membuat sang pengguna atau pelanggan lebih memperhatikan identitas dari perusahaan tersebut.
4. Gunakan VDE
Visual Double Entendre (VDE) merupakan teknik yang menyatukan dua gambar menjadi satu bentuk indah. Gambar di atas misalnya, merupakan contoh yang tepat dalam penggunaan teknik VDE tersebut, yang menunjukkan burung sebagai tanda kebebasan dan juga memperlihatkan bentuk singa sebagai tanda keberanian. Teknik ini cukup sulit diimplementasikan karena harus menggali pikiran dan konsep yang membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi hasil yang diberikan akan sangat menarik seperti contoh di atas.
5. Memorability
Memorability adalah kualitas yang membuat logo kamu mudah untuk diingat oleh pelanggan. Dampaknya, pelanggan kamu akan menyebarkan brand perusahaanmu secara berulang-ulang melalui mulut ke mulut. Biasanya desain yang mudah diingat adalah yang bersifat sederhana dan tidak terlalu kompleks, seperti logo Apple. Jika buah apel pada logo Apple berbentuk utuh, maka pelanggan akan sulit mengingatnya karena bentuk tersebut sama persis dengan sejuta hal yang telah kamu lihat sebelumnya. Akan tetapi logo Apple memiliki semacam gigitan yang membuatnya berbeda dan menonjol sehingga orang-orang mudah mengingatnya.
6. Berkreasi Menggunakan Huruf Custom
Logo tidak harus menggunakan gambar suatu benda atau objek, tetapi juga dapat berupa huruf yang dikemas secara indah yang memberikan kesan elegan. Seperti logo Canon dimana pelanggan sangat mempercayai produk dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, tidak semua logo harus menggunakan suatu benda, tetapi berkreasi menggunakan huruf kustom juga dapat mempengaruhi logo perusahaanmu.
7. Unik
Nah, inilah hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika membuat logo perusahaan milikmu sendiri, yaitu unik. Apa sih maksud unik? Definisi unik dalam poin ini artinya, logo perusahaan yang kamu buat harus sama sekali berbeda dengan desain dari perusahaan lain. Jika mirip atau sama, kita bisa saja dapat dikenai sanksi karena telah melanggar hak cipta dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum membuat dan mempublish logo, dan pastikan bahwa logo perusahaan/produk/startup bersifat unik
Bacaan:
Anubhav -System Administrator Certification at Oracle (company)
Christian Sotanto]- filemagz.com
Baca juga :