Menggunakan Google trends untuk riset produk merupakan salah satu langkah strategis untuk membangun bisnis yang sukses. Riset pasar merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk mengetahui dan mengenal kebutuhan konsumen yang ditarget. Tanpa mengenal konsumen risiko penjualan produk yang tidak laku akan sangat besar.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan riset pasar atau produk. Selain dengan terjun langsung ke tengah masyarakat, juga bisa dengan melakukan pooling atau wawancara, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Yang menarik, kita juga bisa melakukan riset produk dengan memanfaatkan layanan Google. Google trends untuk riset produk merupakan cara paling praktis dan efisien yang tak membutuhkan biaya banyak
Fungsi dan Keunggulan Google Trends untuk Riset Produk dan Usaha
Google selama ini dikenal dengan search engine atau mesin pencariannya yang digunakan sebagian besar pengguna internet. Dominasi Google ini bahkan membuat mesin pencarian lain tak berkutik. Sebut saja Yahoo, Bing, Opera, atau yang lainnya.
Selain menyediakan mesin pencarian, ada banyak layanan Google lainnya yang juga disediakan gratis dan sangat berguna. Sebut saja Google keyword planner, Google maps, Google translate, hingga Google playstore.
Salah satu layanan Google yang banyak dimanfaatkan para pemilik usaha dan teknopreneur adalah Google trends. Berikut ini berbagai fungsi dan keutamaan google trends untuk riset produk dan bisnis yang sebaiknya Anda tahu.
Menemukan Ide Produk yang Potensial
Google trends menyediakan hampir semua item yang sedang populer secara real time. Termasuk produk apa yang sedang populer saat ini. Data ini sangat berguna jika Anda bingung mencari ide produk untuk jualan Anda.
Mempertajam Pemasaran Produk
Manfaat google trends untuk riset produk juga karena tersedianya kata kunci tertentu yang berkaitan dengan banyak produk. Dengan melakukan riset kata kunci ini Anda bisa mempertajam pemasaran produk melalui artikel Anda bikin di toko online Anda.
Mendongkrak Penjualan
Informasi layanan google trends juga menyajikan informasi terkini tentang even atau kegiatan yang sedang tren. Kegiatan semacam ini bisa memberikan ide pemasaran yang lebih tertarget sesuai dengan produk yang Anda pasarkan.
Datanya Lengkap
Data yang disediakan dan disajikan layanan google trends untuk riset produk terbilang cukup lengkap. Hampir semua produk, tokoh, informasi penting yang sedang populer bisa ditemukan.
Namun jika Anda ingin melakukan riset yang lebih mendalam tentang suatu produk tertentu tentunya Anda membutuhkan dukungan layanan lainnya. Seperti Google keyword planner yang saat ini hanya untuk pelaku bisnis menengah keatas.
Bersifat Gratis
Layanan google trends untuk riset produk disediakan secara gratis. Data yang sangat berharga ini tentunya perlu dimanfaatkan meskipun belum ada kabar Google akan menerapkan biaya untuk layanan ini.
Melihat Tren Produk Terlaris
Layanan Google ini juga menyajikan data terkait tren produk terlaris yang berlangsung saat ini atau pada periode tertentu. Coba saja masukkan jenis produk Anda di kolom telusur Google trends dan cermati grafik yang disajikan.
Mengetahui Tokoh Terpopuler
Selain menyajikan berita atau topik yang sedang tren, Google trends juga menyediakan informasi tentang tokoh, artis, atau publik figur yang sedang populer. Jika produk Anda berhubungan dengan tokoh, informasi ini penting untuk bisnis Anda.
Itulah informasi tentang fungsi dan pentingnya yang dapat di tampilkan Google trends untuk riset produk sekaligus mendongkrak penjualannya. Tak sedikit pelaku bisnis yang sudah mampu meraup untung besar hanya dengan layanan gratis ini
Melalui Google Trends, kita dapat menggunakannya untuk menganalisa beberapa hal seperti:
1.Tren kata kunci. Kamu dapat memahami tren dari sebuah kata dalam mesin pencarian. Dari sini kamu juga bisa memahami jenis bahasa yang digunakan target audiens.
2.Tren musiman. Kamu dapat melihat minat audiens atau pelanggan secara musiman. Ini akan membantumu dalam merancang kalender editorial sehingga dapat menerbitkan konten yang lebih relevan dengan minat target audiens.
3.Tren regional. Kamu dapat melihat bagaimana kata kunci digunakan berdasarkan lokasi geografis tertentu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pandangan tren dan minat audiens yang ada di beberapa wilayah berbeda.
4.Topik terkait. Kamu juga dapat menggunakan Google Trends untuk melihat topik terkait kata kunci yang kamu cari. Ini akan membantumu memahami perilaku pencarian pengguna lebih luas dan menemukan istilah yang relevan.
Contoh kita akan memulai Bisnis Kucing di kota Padang Panjang Sumatera Barat. Kita bisa menelusuri seberapa besar animo atau minat masyarakat terhadap kucing. Hal itu akan terlihat pada trend pencarian di Google Trends. Silahkan buka url :
Dengan Google Trends, kita bisa mengetahui topik yang sedang ramai dibicarakan atau sedang tren di suatu wilayah. Caranya tinggal masukkan topik yang akan kita cari (contoh : kucing) gunakan pada kolom “Enter a search term or a topic” di halaman pertama Google Trends.
Bagian berikut bisa dilihat tren topik digital marketing tentang Kucing di beberapa daerah di Indonesia. Dapat juga dipersempit ke area kabupaten dan kota
Pada bagian bawah kita bisa melihat beberapa topik yang berhubungan dengan topik digital marketing (Related Topic) dan saran kata kunci (Related Queries) yang terkait.
Demikian penjelasan singkat tentang memanfaatkan Google Trends dibidang wirausaha khususnya Digital Maketing bagi para teknopreneur. Sehinga dapat membuat keputusan yang tepat dalam memulai dan menjalankan usaha/bisinis. Semoga bermanfaat.
Bacaan :
harapanrakyat.com
qwords.com
id.wikipedia.org
Baca Juga :
Google Gapura Digital (Pelatihan Teknopreneur Gratis Bersama Google)