Apa Itu Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)?
Pemasaran afiliasi adalah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain. Afiliasi hanya mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web ke situs web lain.
Bagaimana Cara Kerja Pemasaran Afiliasi?
Karena pemasaran afiliasi bekerja dengan menyebarkan tanggung jawab pemasaran dan kreasi produk di seluruh pihak, pemasaran afiliasi berhasil memanfaatkan kemampuan berbagai individu untuk strategi pemasaran yang lebih efektif sambil memberi kontributor bagian dari keuntungan. Untuk membuat ini berhasil, tiga pihak berbeda harus dilibatkan:
1.Penjual dan pencipta produk.
2.Afiliasi atau pengiklan.
3.Konsumen.
Mari selami hubungan kompleks yang dimiliki ketiga pihak ini untuk memastikan pemasaran afiliasi berhasil.
1. Penjual dan Pembuat produk.
Penjual, baik pengusaha tunggal atau perusahaan besar, adalah vendor, pedagang, pembuat produk, atau pengecer dengan produk yang akan dipasarkan. Produk bisa berupa benda fisik, seperti peralatan rumah tangga, atau layanan, seperti tutorial tata rias.
Juga dikenal sebagai merek, penjual tidak perlu terlibat secara aktif dalam pemasaran, tetapi mereka juga dapat menjadi pengiklan dan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil yang terkait dengan pemasaran afiliasi.
Misalnya, penjual dapat menjadi pedagang e-niaga yang memulai bisnis pengiriman barang dan ingin menjangkau audiens baru dengan membayar situs web afiliasi untuk mempromosikan produk mereka. Atau penjualnya bisa menjadi perusahaan yang memanfaatkan afiliasi untuk membantu menjual perangkat lunak pemasaran mereka.
2. Afiliasi atau penerbit.
Juga dikenal sebagai penerbit, afiliasi dapat berupa individu atau perusahaan yang memasarkan produk penjual dengan cara yang menarik bagi calon konsumen. Dengan kata lain, afiliasi mempromosikan produk untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut berharga atau bermanfaat bagi mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. Jika konsumen akhirnya membeli produk, afiliasi menerima sebagian dari pendapatan yang dihasilkan.
Afiliasi sering kali memiliki audiens yang sangat spesifik yang mereka pasarkan, biasanya mengikuti minat audiens tersebut. Ini menciptakan ceruk tertentu atau merek pribadi yang membantu afiliasi menarik konsumen yang kemungkinan besar akan bertindak atas promosi tersebut.
3. Konsumen.
Apakah konsumen mengetahuinya atau tidak, mereka (dan pembelian mereka) adalah pendorong pemasaran afiliasi. Afiliasi membagikan produk ini dengan mereka di media sosial, blog, dan situs web.
Ketika konsumen membeli produk, penjual dan afiliasi berbagi keuntungan. Kadang-kadang afiliasi akan memilih untuk terbuka dengan konsumen dengan mengungkapkan bahwa mereka menerima komisi untuk penjualan yang mereka lakukan. Di lain waktu, konsumen mungkin sama sekali tidak menyadari infrastruktur pemasaran afiliasi di balik pembelian mereka.
Bagaimanapun, mereka jarang akan membayar lebih untuk produk yang dibeli melalui pemasaran afiliasi; bagian afiliasi dari keuntungan termasuk dalam harga eceran. Konsumen akan menyelesaikan proses pembelian dan menerima produk seperti biasa, tidak terpengaruh oleh sistem pemasaran afiliasi di mana mereka merupakan bagian penting.
Bagaimana Affiliate Marketer Dibayar?
Metode cepat dan murah untuk menghasilkan uang tanpa repot benar-benar menjual produk, pemasaran afiliasi memiliki daya tarik yang tak terbantahkan bagi mereka yang ingin meningkatkan pendapatan online mereka. Tapi bagaimana afiliasi dibayar setelah menghubungkan penjual ke konsumen?
Konsumen tidak selalu perlu membeli produk agar afiliasi mendapatkan imbalan. Bergantung pada programnya, kontribusi afiliasi terhadap penjualan penjual akan diukur secara berbeda.
Afiliasi dapat dibayar dengan berbagai cara:
1. Bayar per penjualan.
Ini adalah struktur pemasaran afiliasi standar. Dalam program ini, pedagang membayar afiliasi sekian persen dari harga jual produk setelah konsumen membeli produk sebagai hasil dari strategi pemasaran afiliasi. Dengan kata lain, afiliasi harus benar-benar mendapatkan investor untuk berinvestasi dalam produk sebelum mereka diberi kompensasi.
2. Bayar per lead.
Sistem yang lebih kompleks, program afiliasi bayar per prospek memberi kompensasi kepada afiliasi berdasarkan konversi prospek. Afiliasi harus membujuk konsumen untuk mengunjungi situs web pedagang dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan – apakah itu mengisi formulir kontak, mendaftar uji coba produk, berlangganan buletin, atau mengunduh perangkat lunak atau file.
3. Bayar per klik.
Program ini berfokus pada pemberian insentif kepada afiliasi untuk mengarahkan konsumen dari platform pemasaran mereka ke situs web pedagang. Artinya, afiliasi harus melibatkan konsumen sejauh mereka akan berpindah dari situs afiliasi ke situs pedagang. Afiliasi dibayar berdasarkan peningkatan lalu lintas web.
Apa alasan menjadi pemasar afiliasi?
1. Pendapatan pasif.
Meskipun pekerjaan “biasa” mengharuskan Anda bekerja untuk menghasilkan uang, pemasaran afiliasi menawarkan kemampuan untuk menghasilkan uang saat Anda tidur. Dengan menginvestasikan jumlah waktu awal ke dalam kampanye, Anda akan melihat pengembalian berkelanjutan pada waktu itu saat konsumen membeli produk selama hari dan minggu berikutnya. Anda menerima uang untuk pekerjaan Anda lama setelah Anda menyelesaikannya. Bahkan saat Anda tidak berada di depan komputer, keterampilan pemasaran Anda akan memberi Anda aliran pendapatan yang stabil.
2. Tidak perlu ada dukungan pelanggan.
Penjual individu dan perusahaan yang menawarkan produk atau layanan harus berurusan dengan konsumen mereka dan memastikan mereka puas dengan apa yang telah mereka beli.
Berkat struktur pemasaran afiliasi, Anda tidak perlu khawatir dengan dukungan pelanggan atau kepuasan pelanggan. Seluruh pekerjaan pemasar afiliasi adalah menghubungkan penjual dengan konsumen. Penjual menangani setiap keluhan konsumen setelah Anda menerima komisi dari penjualan tersebut.
3. Bekerja dari rumah.
Jika Anda seseorang yang tidak suka pergi ke kantor, pemasaran afiliasi adalah solusi yang tepat. Anda akan dapat meluncurkan kampanye dan menerima pendapatan dari produk yang dibuat penjual sambil bekerja dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Ini adalah pekerjaan yang bisa Anda lakukan tanpa harus melepaskan piyama Anda.
4. Hemat biaya.
Sebagian besar bisnis memerlukan biaya awal serta arus kas untuk membiayai produk yang dijual. Namun, pemasaran afiliasi dapat dilakukan dengan biaya rendah, artinya Anda dapat memulai dengan cepat dan tanpa banyak kerumitan. Tidak ada biaya program afiliasi yang perlu dikhawatirkan dan tidak perlu membuat produk. Memulai pekerjaan ini relatif mudah.
5. Nyaman dan fleksibel.
Karena Anda pada dasarnya menjadi seorang freelancer, Anda mendapatkan kebebasan tertinggi dalam menetapkan tujuan Anda sendiri, mengarahkan kembali jalan Anda ketika Anda merasa sangat ingin, memilih produk yang Anda minati, dan bahkan menentukan jam kerja Anda sendiri. Kemudahan ini berarti Anda dapat mendiversifikasi portofolio Anda jika Anda suka atau hanya berfokus pada kampanye yang sederhana dan lugas. Anda juga akan bebas dari batasan dan peraturan perusahaan serta tim yang berkinerja buruk.
6. Imbalan Berbasis Kinerja.
Dengan pekerjaan lain, Anda bisa bekerja selama 80 jam seminggu dan masih mendapatkan gaji yang sama. Afiliasi pemasaran murni berdasarkan kinerja Anda. Anda akan mendapatkan apa yang Anda masukkan ke dalamnya. Mengasah keterampilan meninjau dan menulis kampanye yang menarik akan menghasilkan peningkatan langsung dalam pendapatan Anda. Anda akhirnya akan dibayar untuk pekerjaan luar biasa yang Anda lakukan!
7. Jangan Meremehkan Kekuatan SEO.
Ada banyak sekali lalu lintas organik yang bisa Anda peroleh dari mesin telusur jika Anda melakukan SEO dengan benar. Hari-hari ketika Search Engine Optimization adalah tentang menipu Google telah berlalu. Hari ini, ini tentang membuat situs web Anda lebih baik bagi pengunjung. Orang biasanya mencari informasi secara online. Itulah mengapa Anda harus mempelajari dasar-dasar SEO pada halaman, penelitian kata kunci, dan pembuatan link untuk menjadi sumber informasi yang pertama kali mereka temukan. Siapa yang tidak ingin menduduki peringkat # 1 untuk istilah seperti “produk terbaik” atau “ulasan produk” di Google?
Bacaaan :
Mohamad Rahme – Medical student and future leader
kirim.email
domainesia.com
qwords.com
Lanjut ke Part#2