Niche market memang penting dalam dunia bisnis, termasuk pula bisnis online. Secara umum niche market bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang memiliki ketertarikan produk namun produk tersebut memiliki spesifikasi khusus. Tujuannya memang untuk menangkap sebagian kecil calon konsumen di pasaran.
Niche bisnis adalah bisnis yang menargetkan satu kelompok pada spesifik orang dengan minat yang sangat spesifik, memiliki gairah (passion) atau keinginan yang sama.
Kebalikan dari bisnis niche adalah pusat perbelanjaan atau mall. Di pusat perbelanjaan Anda dapat menemukan semua jenis barang. Anda dapat menemukan apa saja baik makanan, minuman, sepatu, tas, rokok, minicourse, pakaian, buku-buku, CD dan banyak lagi. Semua itu terdapat di satu toko tersebut.
Bisnis niche adalah hal yang sebaliknya. Misalnya toko olahraga, itu adalah merupakan sebuah bisnis niche. Karena toko tersebut hanya menjual peralatan khusus olahraga. Mereka tidak akan menjual rokok, atau barang-barang diluar kebutuhan olahraga. Mereka menjual buku-buku, pakaian, sepatu dan segala hal yang berhubungan dengan olahraga.
Dalam dunia online jika Anda ingin membangun bisnis, maka Anda harus mempunyai ceruk tertentu dalam bisnis tersebut, kecuali jika Anda memiliki anggaran iklan yang sangat besar Anda bisa tidak memperdulikan niche. Dan untuk bisnis online, Anda juga tidak memerlukan banyak biaya, yang Anda perlukan hanyalah memanfaatkan media untuk berbisnis baik itu media sosial, YouTube, marketplace seperti tokopedia, shopee atau bukalapak, dan jika ingin memiliki website untuk bisnis cukup beli domain, hosting dan platform gratis seperti WordPress.
Karena biaya operasi bisnis di Internet yang jauh lebih rendah. Sebuah pusat perbelanjaan memiliki biaya operasional yang tinggi, karena mereka harus membayar sewa tempat dan mereka harus membayar banyak karyawan dan mereka perlu untuk memindahkan persediaan. Bagi mereka itu semua tentang volume dan pendapatan yang maksimal. Itulah mengapa bisnis seperti pusat perbelanjaan begitu luas. Tapi di Internet Anda memiliki biaya tetap yang sangat sedikit. Itulah mengapa sangat mudah untuk dapat mendirikan sebuah bisnis niche. Dan itu membuat kita jauh lebih relevan dengan pengalaman untuk penggunaan toko Anda.
Hal ini juga memungkinkan bagi Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan basis klien dan prospek Anda, karena Anda tahu mereka jauh lebih intim dan Anda memiliki kemampuan untuk melayani dengan baik untuk mereka. Anda dapat berbicara lebih secara langsung dengan mereka dalam materi pemasaran dan pesan pemasaran Anda. Anda akan memiliki loyalitas pelanggan yang lebih tinggi dan nilai seumur hidup yang lebih tinggi per pelanggan karena semua yang Anda tawarkan pada mereka selalu relevan dengan sesuatu yang mereka minati.
Orang-orang jauh lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian lagi dari tempat yang sama. Semisal jika seseorang ingin berolahraga dan membeli sesuatu di toko Anda dan Anda punya barang tersebut untuk orang tersebut dan memberikan layanan pelanggan yang baik, maka orang itu akan membeli lagi dari Anda dikemudian hari. Mengapa tidak berubah? Karena saya sudah menjalin hubungan baik dengan Anda dan kepercayaan sudah tumbuh dalam diri pembeli.
Dengan penjelasan diatas, maka akan sangat penting jika Anda memilih ceruk yang tepat untuk memulai bisnis. Karena jika Anda benar-benar menguasai dengan benar pada ceruk bisnis tersebut, Anda akan tau kemana arah bisnis Anda, dan benar-benar menguasai seluk beluk dari niche tersebut. Karena jika Anda telah memilih niche yang salah untuk bisnis-bisnis Anda, maka akan sulit untuk sukses.
Sudah terlalu banyak orang jatuh dan gagal karena niche yang salah, mereka sudah menginvestasikan banyak waktu, uang dan energi dalam membangun bisnis dari awal. Itu sebabnya disarankan kepada Anda untuk menemukan niche dengan tepat dan mengevaluasi potensi keuntungan dari “hutan belantara dunia” ini sebelum memulai bisnis online sehingga dapat meraih kesuksesan.
Mengapa harus memilih niche market?
Niche market memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan bisnis online yang sedang kamu jalani. Tidak hanya mengenai pendapatan saja, tetapi juga aspek lainnya. Dalam bukunya yang berjudul ‘How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle’, Emilie Pelletier menyebutkan setidaknya ada empat hal yang menjadi alasan mengapa anda perlu memilih niche market. Berikut di antaranya.
1.Peluang pendapatan yang tinggi
Anda pasti sudah mengetahui tren yang terjadi di masyarakat bukan? Masyarakat cenderung memilih produk yang saat itu sedang tren atau hits. Produk seperti ini memiliki permintaan yang lebih tinggi, dan memiliki kecenderungan harga yang lebih mahal. Bila anda menentukan bisnis online yang sedang hits maka, bukan tidak mungkin pesanan produk akan semakin tinggi. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan pendapatan atau hasil yang lebih besar semakin terbuka lebar.
2.Lebih menikmati pekerjaan
Niche market juga memberikan kamu keleluasaan menjalankan bisnis online sesuai dengan minat dan kemampuan atau dalam bahasa kekinian adalah passion. Jika kamu menekuni bisnis dengan mendasarkan pada passion, akan lebih mudah dalam menentukan tipe-tipe pembeli ideal dan mana pasar yang berpotensi mendapatkan pendapatan tinggi. Hasil seperti inilah yang akan membuat anda lebih menikmati pekerjaan yang dijalani.
3.Memasarkan produk dengan mudah
Memilih niche market adalah pilihan yang tepat. Sebab anda akan mengetahui apa yang calon konsumen butuhkan. Termasuk pertimbangan apa sajakah yang ada di benak pembeli sebelum memilih barang dari produkmu dan sebagainya. Di situlah kamu bisa menerapkan strategi pemasaran dan juga strategi menggunakan bahasa komunikasi yang tepat ketika menawarkan produk tersebut.
4.Anda bisa makin dikenal
Selain keuntungan yang besar dan potensi penghasilan tinggi, adanya niche market juga membuka peluang kamu untuk dikenal luas banyak orang. Kita bisa ambil contoh Bob Sadino, meski telah tiada namanya dikenal sebagai peolpor agrobisnis yang sukses di tanah air. Kisahnya menginspirasi banyak orang untuk melakukan agrobisnis yang sebelumnya dipandang sebelah mata. Kini, banyak bermunculan wirausahawan baru dalam agrobisnis dan menjualnya secara online. Tentu ini sebuah inovasi dalam bisnis produk pertanian di Indonesia khususnya.
Langkah memilih niche market
Setelah mengetahui apa itu niche market dan mengapa harus memilihnya dalam berbisnis online, kini saatnya kamu untuk menentukan dan memilih niche marketsendiri. Dalam memilih niche market ini tentu ada beberapa hal yang perlu perhatikan agar tidak salah langkah dalam berbisnis. Berikut beberapa di antaranya yang wajib dipertimbangkan sebelum mengeksekusinya.
1.Lakukanlah riset pasar terlebih dulu
Langkah awal dan yang paling penting agar niche marketmu dapat berjalan dengan baik ialah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar memang hal mendasar dalam bisnis apapun, termasuk bisnis online yang sedang ditekuni. Dalam melakukan riset pasar harus benar-benar memperhatikan tren apa yang sedang tren di masyarakat. (baca : Google Trends Untuk Riset Pasar Teknoprenuer )
Untuk melakukan riset pasar, sebaiknya kamu perlu pengujian terlebih dahulu. Misalnya apakah produk tersebut layak dipasarkan dan kamu mencari tiga orang dahulu yang mau membeli produk yang dijual selain orang-orang yang kita kenal. Kemudian, lakukan penelusuran dan pengkajian kembali apakah produk yang sedang kamu tawarkan memang menyelesaikan dan dibutuhkan masyarakat. Termasuk pula siapa para kompetitor dari produk yang kamu tawarkan.
2.Tentukan pasar yang lebih spesifik
Kini, setelah kamu sukses melakukan riset pasar maka tentukan segmentasi pasarnya secara spesifik atau khusus. Tujuan menentukan niche market yang spesifik adalah untuk memudahkanmu lebih fokus terhadap sebuah produk tertentu. Kamu pun bisa memberikan layanan dan solusi yang optimal kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, dengan spesifikasi khusus ini kamu lebih bisa mempertahankan kualitas produk.
Meski spesifik, kita pun harus menentukan apakah segmentasi pasar tersebut menguntungkan atau tidak. Pastikan pula jika produk dari bisnis online yang ditawarkan tersebut memiliki calon konsumen potensial. Sehingga, bisnis online dapat berjalan dengan baik. Contohnya saja jika kita ingin spesifik memulai bisnis online di bidang fashion dan makanan, tentu ini menjadi bisnis yang menguntungkan. Sebab, keduanya tidak akan pernah mati dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat setiap saat.
3.Tentukan sesuai passion
Tidak hanya memilih pasar yang spesifik dan riset pasar di awal saja, dalam memilih niche market passion atau minat juga sangat menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Sebab, jika menjalankan bisnis bukan pada bidang yang disenangi akan sulit untuk berkembang. Semisalnya saja jika passion anda adalah olahraga, sangat cocok untuk berbisnis online dalam menjual peralatan olahraga.
Demikian …semoga bermanfaat.
Bacaan :
centerklik.com
dewaweb.com
Baca juga :