WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia.
Adanya WhatsApp Bisnis bisa menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis, terlebih pebisnis online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.
WhatsApp Bisnis juga menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Sebab, di Indonesia sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Jadi, para pebisnis tak perlu meminta calon pembeli menginstall WhatsApp hanya untuk sarana komunikasi.
WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang didesain khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
WhatsApp Bisnis mengeluarkan fitur-fitur yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
Selain itu, Anda bisa mengunduh WhatsApp Bisnis di sistem operasi Android maupun iOS. Sejak pertama kali diluncurkan, Indonesia boleh berbangga karena menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini. Kemudian baru diikuti negara lainnya seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat.
Cara Membuat WhatsApp Bisnis?
Sebelum mengetahui lebih lengkap apa saja fitur dan manfaat WhatsApp Bisnis, kami akan tunjukkan dulu bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis. Berikut ini cara membuat WhatsApp Bisnis:
1. Download WhatsApp Bisnis
Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
2. Masukkan nomor telepon
Setelah aplikasi WhatsApp Bisnis terinstall, Anda harus mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. Baiknya, gunakan nomor ponsel khusus bisnis sehingga memudahkan proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.
3. Lengkapi profil bisnis Anda
Proses selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah melengkapi profil bisnis Anda. Caranya, klik menu Settings > Business Settings > Profile. Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website.
4. Mengatur menu balas pesan otomatis
Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan Anda membalas pesan pelanggan pada luar jam kerja. Langkah-langkah untuk mengatur balas pesan otomatis adalah:
Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.
Kemudian Anda dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja.
7+ Fitur Istimewa WhatsApp Bisnis
Meski sama-sama merupakan aplikasi chat, WhatsApp bisnis dan WhatsApp Messenger tidaklah sama. Ada sejumlah fitur WhatsApp Bisnis yang tidak akan Anda temukan di WhatsApp Messenger.
Fitur-fitur yang terdapat pada Whatsapp Bisnis dikhususkan untuk lebih memudahkan interaksi dengan pelanggan yang jumlahnya banyak.
1. Nama Akun Pengguna
Hal teknis yang membedakan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger adalah pengaturan ubah nama akun.
Pada WhatsApp Messenger Anda dapat mengganti Nama Akun sesuka hati kapan saja. Anda bahkan bisa hanya memasukkan emoji atau karakter apapun pada nama akun WhatsApp messenger Anda.
Pada WhatsApp Bisnis terdapat beberapa ketentuan membuat nama akun bisnis resmi yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut di antaranya sebagai berikut.
2. Profil
Profil pada WhatsApp Bisnis memuat informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil WhatsApp Messenger. Pelanggan dapat melihat dengan mudah informasi tersebut apabila mengunjungi profil bisnis Anda.
Tata cara mengedit profil bisnis Anda pun sangat mudah. Berikut tata cara mengedit profil bisnis Anda.
Buka WhatsApp Bisnis > klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnis Anda. Klik Edit. Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan.
Pada profil akun bisnis, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram. Caranya yaitu dengan mencantumkan URL pada salah satu form atau kolom situs web.
3. Pesan Otomatis
WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur balas otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.:
Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.
Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang bisa Anda kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda.
Quick Replies. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan pelanggan. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan tentang bisnis Anda. Ketika ada pesan yang masuk, Anda hanya perlu ketik simbol “/”, maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya, sangat hemat waktu.
4. Katalog
WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda. Dalam katalog tersebut, konsumen tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk.
Katalog WhatsApp Bisnis
Cara menggunakan fitur Katalog WhatsApp Bisnis adalah buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.
Kemudian Anda hanya perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. Misalnya, Anda bisa beri link ke toko online Anda. Fitur Katalog ini bisa menampilkan foto produk hingga 500 foto.
5. Statistik Pesan
Di WhatsApp Bisnis, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif.
Untuk memeriksa statistik Anda, buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik
6. Kategori Bisnis
Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda bisa pilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “others”.
Adanya Kategori Bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Messenger.
7. Label
Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda.
Pada fitur Label WhatsApp Bisnis, Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran.
Apabila akun Anda terverifikasi akun bisnis resmi, pelanggan Anda akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda. Dengan adanya fitur ini, bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan?
Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Anda
Menggunakan WhatsApp Bisnis merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Ada banyak kelebihan dari aplikasi tersebut yang dapat membantu menyukseskan bisnis Anda. Berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat WhatsApp Bisnis untuk bisnis Anda.
1. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah
Manfaat utama menggunakan Whatsapp Bisnis bagi pebisnis adalah mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan. Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan.
Selain memudahkan Anda membalas pesan, komunikasi yang terjalin dengan pelanggan akan baik. Anda pasti setuju jika komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda.
Bagi pemilik bisnis, terlebih bisnis toko online, mempunyai informasi kontak bisnis untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki. Adanya informasi kontak bisnis akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan.
2. Terpercaya
Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis online, tindak kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab pasti selalu mengintai.
Baik para pembeli maupun penjual harus selalu aware dan melakukan pengecekan sebelum melakukan transaksi apapun. Hal itu dilakukan agar terhindar dari tindak kriminal.
3. Mudah Mempromosikan Produk
Selain berkomunikasi, WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi.
Baru-baru ini, WhatsApp Bisnis meluncurkan fitur katalog untuk bisnis Anda. Anda dapat memajang produk Anda pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan.
Bacaan :
whatsapp.com
niagahoster.co.id
kompas
Baca juga :
Ciri Khas Yang Membedakan Pengguna Twitter, Instagram dan Facebook