Jika Anda menjalankan bisnis kecil, maka usaha menghasilkan setiap rupiah adalah sangat penting. Inilah yang sebenarnya dimaksud dengan membuat bisnis berjalan secara efisien. Anda perlu mengurangi jumlah sumber daya yang dilibatkan dalam bisnis untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Jika dilakukan dengan benar, ini tidak hanya memberi margin keuntungan terbaik – ini juga akan menjadi keunggulan kompetitif.
Bagaimana mencapai efisiensi pada bisnis kecil? Berikut hal yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.
1. Buat Hidup Karyawan Anda Lebih Nyaman
Logikanya di sini sederhana: semakin mudah karyawan Anda melakukan pekerjaannya, semakin produktif mereka. Jadi, laba atas upah mereka akan lebih tinggi – yaitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak output untuk jumlah input yang sama.
Selain itu, mungkin kita pernah mengalami ini secara langsung: komplikasi yang tidak perlu yang membuat Anda stres. Tekanan ekstra menyebabkan kelelahan yang lebih cepat dan produktivitas yang lebih rendah secara keseluruhan. Jadi, jika Anda ingin tim Anda memberikan yang terbaik, Anda mungkin ingin membuat mereka senang.
Bagaimana kita melakukannya? Tanyakan kepada mereka tentang apa yang membuat pekerjaan mereka sulit, membuat frustrasi, atau menjengkelkan, dan dengarkan mereka. Sesederhana itu. Ingatlah untuk memastikan karyawan Anda tahu bahwa ini adalah tempat yang aman untuk mengeluh tentang beberapa aspek pekerjaan mereka – Anda ingin mendengar jawaban yang jujur, bukan?
Birokrasi ekstra dalam pengambilan keputusan juga bisa membuat frustrasi. Jika Anda mendengarkan masalahnya, pertimbangkan kembali beberapa alur kerja dan berikan lebih banyak otonomi kepada karyawan Anda.
2. Jangan Malu Menggunakan Alat Baru
Menerapkan alat baru ke dalam alur kerja bisa mengganggu. Karyawan harus terbiasa dengannya, dan Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti bahwa alat tersebut akan 100% sesuai dengan kebutuhan sampai Anda mencobanya. Namun, mengingat potensi penghematan waktu – dan rasa terima kasih karyawan Anda – risiko ini layak diambil.
3. Berinvestasilah dalam Membuat Tempat Kerja Anda Lebih Baik
Ini adalah cara lain untuk membuat kehidupan kerja karyawan Anda semudah mungkin. Terlepas dari alat yang mempercepat beberapa proses kerja, pertimbangkan untuk berinvestasi untuk menjadikan tempat usaha Anda tempat yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini pasti akan memberikan keuntungan yang tinggi dalam bentuk peningkatan produktivitas karyawan. Sekali lagi, karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif.
4.Kesehatan.Bantu karyawan Anda menjaga diri mereka sendiri. Ini bukan hanya tentang kebahagiaan dan rasa syukur mereka, tetapi juga kemampuan fisik mereka untuk menjadi produktif. Beberapa perusahaan menawarkan buah segar setiap hari, keanggotaan kebugaran, atau ruang relaksasi – Anda juga dapat mempertimbangkannya.
5.Peralatan. Hal-hal kecil, seperti meja yang luas, kursi yang nyaman, serta mouse dan keyboard yang bagus, dapat membuat perbedaan besar. Jika karyawan Anda tidak paham teknologi, pelatihan tentang cara menggunakan peralatan ini secara efisien (menggunakan pintasan, dll.) Juga bisa menjadi ide yang bagus.
6.Fleksibilitas. Tidak semua orang bekerja terbaik dari jam 9 hingga jam 5 selama 8 jam berturut-turut. Beberapa orang mencapai puncak produktifnya pada jam 8 pagi atau jam 10 malam. Jika jam kerja tetap tidak penting untuk bisnis Anda, memberikan beberapa fleksibilitas di sini akan memungkinkan tim Anda untuk memberikan yang terbaik.
7. Kembangkan Pola Pikir Digital: Jangan Kertas
Jika dilakukan dengan benar, mengadopsi pendekatan yang mengutamakan digital pada dokumen Anda dapat menjadi berkah tersembunyi. Sekarang, kami ingin menghindari penggunaan ekspresi ‘tanpa kertas’ terlalu banyak karena kantor tanpa kertas mana pun masih harus menangani beberapa dokumen dalam bentuk kertas. Ini bisa disebabkan oleh birokrasi, persyaratan hukum, atau preferensi mitra bisnis atau pelanggan Anda.
8. Melakukan outsourcing untuk tugas-tugas yang membosankan yang dapat dialihdayakan
Kadang-kadang kita begitu sibuk dengan bisnis kita sehingga kita mungkin tidak menyadari tugas mana yang paling memakan waktu dan paling tidak menguntungkan. Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya: berhenti melakukannya (yang seringkali tidak mungkin) atau mengalihkannya ke spesialis.
9. Temukan Solusi Perangkat Lunak Manajemen Dokumen Sederhana
Kami telah menyebutkan penelusuran file di sana-sini di seluruh teks, dan ada alasan untuk itu. Jika bisnis Anda menangani banyak file digital, mengatur dan menemukannya setelahnya dapat menyebabkan sakit kepala.
10. Berusaha keras untuk Membuat Layanan Pelanggan Sempurna
Apa yang membuat layanan pelanggan bagus? Ketepatan, pertama dan terpenting. Pelanggan hampir tidak mau menunggu selama dua minggu untuk mendapatkan tanggapan. Itulah mengapa tim Anda harus berada di pada kondisi prima dan memiliki alat yang tepat untuk melakukan pekerjaan mereka secepat mungkin.
Kesimpulan
Membuat bisnis Anda berjalan secara efisien sangat penting untuk tetap bertahan. Namun selain menjaga bisnis Anda tetap menguntungkan, perubahan ini dapat berdampak pada pergantian karyawan, kepuasan pelanggan, dan keunggulan kompetitif Anda.
Tentu saja, perubahan ini tidak dapat dilakukan dalam semalam – jalan menuju efisiensi yang lebih besar selalu sulit dan melelahkan. Butuh waktu, tapi hasilnya sepadan.
Bacaan :
entrepreneur.com
explorifile.com
Baca juga :