Apa Itu Niche Market Dan Peran Pentingnya Dalam Bisnis

/Technopreneur

Sebelum kita mebenahas tentang apa itu niche market, sebagai pertanyaan pembuka adalah :.

Diantara kedua poin berikut ini, mana yang akan anda pilih ketika ingin berbisnis online:

  1. Menjual produk kepada orang – orang yang Anda anggap (By Feeling) sebagai calon pembeli
  2. Mencari tahu (Dengan data) produk apa yang dibutuhkan banyak orang, lalu menjualnya

Kemungkinan besar Anda akan memilih poin yang kedua. Alasannya?. Tentu saja karena peluang keberhasilannya relatif lebih besar.  Dalam konteks bisnis, poin kedua di atas disebut sebagai niche market.

 Apa Itu Niche Market

Niche market adalah kelompok atau segmen tertentu yang dianggap berpotensi oleh (Biasanya) pelaku bisnis. Anda bisa menentukan niche market berdasarkan demografis (Kependudukan), geografis (Lokasi), profesi, gaya hidup, atau kombinasi dari semuanya.

Contoh: PNS wanita di Jakarta yang sayang keluarga.

Semakin spesifik niche market yang Anda miliki akan membuat Anda lebih fokus untuk memberikan penawaran sesuai kebutuhan mereka. Dengan catatan, niche market tersebut memang berpotensi untuk bisnis Anda.

Peran Penting Niche Market Dalam Bisnis

Suatu bisnis yang fokus pada niche market tertentu akan relatif lebih mudah untuk memiliki authority.

Contoh: Bisnis rental mobil di Bandung akan lebih cepat dikenal luas ketimbang bisnis rental mobil di seluruh Indonesia.

Karena area cakupan keduanya sangat bertolak belakang. Bisnis rental mobil di Bandung tentu saja memiliki cakupan yang lebih spesifik ketimbang bisnis rental mobil di seluruh Indonesia.

Menentukan Niche Market Potensial Untuk Bisnis Online

Kalau Anda ingin mencari niche market potensial untuk menjalankan bisnis online, Anda bisa menggunakan pendekatan SEO a.k.a Search Engine Optimization.

Ini 3 poin penting yang bisa Anda kerjakan.

1) Menentukan Ide Bisnis

Di sini Anda baru sebatas mendapatkan ide. Misalnya Anda berdomisili di Bandung, Jawa Barat, dan ingin memiliki bisnis rental mobil.

Atau mungkin ada ide – ide lainnya yang terlintas di pikiran Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa mencari ide bisnis itu tidak mudah, karena membutuhkan kesabaran dan ketenangan.

Untuk itu ketika Anda mendapatkan ide bisnis tertentu, segera catat. Karena ide brilian tidak bisa ditebak kedatangannya.

 

2) Melakukan Riset Kata Kunci

Setelah Anda berhasil mendapatkan ide bisnis, langkah berikutnya relatif lebih mudah. Karena Anda tinggal memasukkan ide bisnis tersebut ke dalam tools khusus. Tools ini bernama ubersuggest. Fungsinya untuk mencari tahu berapa banyak ide bisnis yang Anda temukan tadi dicari di mesin pencari google.

Menyambung poin pertama di atas, ide bisnis kita adalah rental mobil di Bandung. Sekarang silahkan kunjungi situs ubersuggest dan ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda di kotak pencarian.

Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Dari hasil diatas terlihat bahwa bisnis rental mobil di Bandung dicari sebanyak 2400 kali dalam 1 bulan.

 

3) Melakukan Validasi Bisnis

Di poin ketiga ini Anda harus memutuskan apakah ingin berkecimpung di bisnis yang sudah di riset tadi (Rental Mobil di Bandung), atau mencari ide bisnis lain.

Ada 2 poin penting yang harus Anda perhatikan di sini

  1. Kemampuan Anda dalam menyediakan mobil rental berkualitas kepada para pelanggan, beserta layanan pendukungnya.
  2. Kesanggupan Anda untuk berkompetisi dengan bisnis rental mobil di Bandung lainnya yang sudah lebih dulu menggunakan SEO.

Kalau 2 poin di atas bisa Anda sanggupi, dengan mengucapkan bismillah, saatnya Anda membuat website dan mulai berbisnis online dengan menggunakan SEO sebagai cara promosi.

 

Taken From :

Reza Aditya-folderseo.com

Baca juga :

Free Elearning Online Courses (Kursus Gratis Internasional Bersertifikat)

Membuat Podcast Yang Menarik