Wings Corp adalah tipe perusahaan cost based (intinya value perusahaan tersebut dapat dilihat dari harga yang diberikan, atau gampangnya produk yang ditawarkan harganya terjangkau)
Mari kita simak beberapa produk Wings Corp yang mirip dengan perusahaan lain, akan tetapi harga yang ditawarkan lebih terjangkau.
- Mie Sedaap (Wings) dan Indomie (Indofood)
2. Giv (Wings corp) dan Lux (unilever)
3. Nuvo (Wings Corp) dan Lifebuoy (Unilever)
4. Ciptadent (Wings Corp) dan Pepsodent (Unilever)
5. Mama lemon (Wings Corp) dan Sunlight (unilever)
6. Floridina (Wings Corp) dan Minute Maid Pulpy Orange (Coca-cola)
7. Isoplus (Wings Corp) dan Pocari Sweat (Otsuka)
8. Teh Javana (Wings Corp) dan teh pucuk harum (mayora)
Tentu dengan “meniru” produk lain maka perusahaan tersebut tidak akan bisa dikatakan menjadi perusahaan nomor 1. Akan tetapi mengapa Wings Corp menerapkan strategi ini?
Kembali lagi, karena Wings Corp adalah perusahaan cost based. Kualitas yang ditawarkan oleh Wings Corp serupa dengan “tiruannya” lalu mengapa harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau dari pesaingnya?
Pertama, Karena Wings Corp tidak mengeluarkan biaya riset pasar. Perusahaan lainnya yang melakukan riset pasar sudah mengetahui selera dan keinginan dari pasar Indonesia. Nah, Wings Corp tinggal membuat produk yang serupa. Produk yang ”ditiru” Wings Corp lebih terjangkau dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.
Kedua, Wings Corp tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perkenalan produk mereka ke pasar. Perusahaan lain bersusah payah agar produk mereka dapat dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Setelah produk berhasil di pasaran, Wings Corp tinggal masuk dengan produk yang serupa dan masyarakat sudah familiar dengan produk (Bahkan desain dan warna kemasan mirip dengan pesaingnya)
Terakhir, Wings corp dapat menekan biaya produksi karena produk-produk tertentu dikerjakan di pabrik yang sama. Iso plus, floridina, dan teh javana memiliki tutup botol yang serupa (bahkan dulu kemasannya sama). Kecap Sedaap muncul karena Mie Sedaap pun membutuhkan produksi kecap sendiri.
Kesimpulannya adalah Wings Corp dapat menekan biaya riset pasar, biaya perkenalan produk, serta biaya produksi. Tanpa mengurangi kualitas, Perusahaan Wings dapat menawarkan produk yang lebih terjangkau. Menjadi yang utama, bukanlah value perusahaan tersebut.
Sumber :