Rahasia guru yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh siswa

/Education Tak Berkategori
  1. Kebanyakan guru memiliki siswa favorit/disenangi. Itu tergantung sudut pandang dan penilaian masing-masing.

  2. Kadang ada siswa tertentu yang ketidakhadirannya membuat senang.

  3. Guru tidak selalu menyukai anak-anak dengan nilai tinggi yang bersikap kurang baik karena  nilai mereka yang bagus.

  4. Guru terus mendorong siswa untuk mendapatkan nilai bagus, meski guru kadang memiliki keterbatasan.

  5. Guru juga punya kesedihan jika melihat beberapa siswa yang sudah belajar keras, namun tidak bisa mendapatkan nilai bagus ( Guru peduli untuk kalian!)

  6. Terkadang guru mengatakan di kelas bahwa dia tidak peduli jika anda belajar atau tidak. Itu hanya omong kosong. Keberhasilan  siswa adalah sertifikat penilaian karakter guru.

  7. Seperti siswa juga, para guru memiliki dunia dengan kompetisi tersendiri

  8. Guru tidak selalu adil dengan nilai. Guru  akan menaikkan nilai seorang  siswa jika dia berusaha keras untuk memberi mereka rasa percaya diri. Dan guru mungkin akan  menurunkan nilai sedikit jika jawabannya terlalu tekstual, hanya agar siswa dapat lebih kreatif atau  dapat mengembangkan pendapat/pemahaman. Tetapi ini hanya dengan sedikit perbedaan.

  9. Guru cenderung tidak menanyai siswa yang mengetahui jawaban dari sebuah pertanyaan. Ini dimaksudkan agar yang lain dapat berpartisipasi. Dan Guru melemparkan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui jawabannya… ketika tidak ada seorang pun di kelas yang  mengetahui jawabannya.

  10. Ketika guru bertemu orang tua untuk konseling orang tua-guru, guru cenderung menggambarkan siswa lebih  positif daripada yang guru pikirkan.

  11. Guru sama bersemangatnya menyambut liburan seperti siswa.

  12. Sebagian guru sangat peduli dengan apa yang siswa pikirkan tentang mereka

  13. Ada memiliki keyakinan siswa bisa saja tidak berhasil di sekolah tetapi bisa berhasil/sukses dalam hidup. (sekolah santai..masa depan cerah)

 

Sekedar opini…