Introduction to Affiliate Marketing

/Technopreneur

Affiliate marketing adalah proses menghasilkan uang dari ide orang lain dengan menjual produk. Dalam dunia pemasaran digital saat ini, istilah ‘Pemasaran Afiliasi’ mengacu pada seni mempromosikan merek, organisasi atau bisnis perusahaan, produk atau layanan, dan mendapatkan komisi sebagai imbalan dalam prosesnya.

Jika Anda belum pernah menjadi anggota program afiliasi, berikut cara kerjanya:

Anda seorang pengusaha. Anda mengembangkan ide. Anda menuliskannya di spreadsheet dan melacak semua orang berbeda yang membelinya. Anda harus mencari tahu berapa banyak yang mereka keluarkan untuk membelinya.

Anda melacak apa yang mereka beli sehingga Anda dapat mulai menagihnya. Anda menggunakan program afiliasi untuk menagih orang-orang ini dengan menjual sesuatu yang mereka sukai. Anda menghasilkan uang dengan menjual produk atau layanan kepada orang-orang yang masih tertarik. Proses ini bisa berlangsung selamanya, tetapi hanya berakhir setelah Anda berhenti menghasilkan uang darinya.

Itulah mengapa pemasaran afiliasi berhasil. Pertama-tama, dibutuhkan kerja keras untuk menghasilkan uang. Ini jauh lebih tidak berisiko, jauh lebih menyenangkan dan itu berarti Anda selalu dapat menghasilkan lebih banyak uang.

 

Bagaimana cara kerja pemasaran afiliasi?
Untuk sukses dalam bisnis pemasaran afiliasi, Anda harus mengetahui dan memahami cara kerjanya.

Seperti kita ketahui bersama, masalah utama yang dihadapi setiap bisnis saat ini adalah bagaimana meningkatkan pendapatan mereka dengan menarik lebih banyak pelanggan. Selain membuat produk mereka menjadi yang terbaik, menggunakan tangan tepercaya atau membuat iklan lebih baik, bisnis juga menyadari bahwa pemasaran afiliasi, yang merupakan sistem yang dapat membantu mendatangkan lebih banyak pelanggan, dapat menjadi aliran pendapatan yang penting. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan top merambah ke dalamnya.

 

Memahami mekanisme pemasaran afiliasi sangat sederhana.

Ambil contoh, organisasi atau merek yang sangat besar yang menjual barang, produk atau layanan mereka melalui situs web mereka dan berbagai saluran seperti toko online atau toko tanah. Organisasi ini mulai merasa basis pelanggan mereka saat ini tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Merek atau organisasi menggunakan layanan dari seorang wiraniaga terkemuka, yang merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan basis pelanggan mereka atau akses ke pasar baru, organisasi tersebut mencoba pemasaran afiliasi. Merek atau organisasi kemudian masuk ke program kemitraan, apakah mereka mencapai kesepakatan dengan vendor independen (afiliasi) yang melibatkan pembayaran komisi untuk target penjualan tertentu.

Afiliasi atau vendor ini dapat berupa influencer, blogger, atau profesional pemasaran digital lainnya. Afiliasi akan melanjutkan untuk membangun situs web, menghasilkan lalu lintas ke situs web melalui kampanye pemasaran dan konten yang bagus, dan membujuk pengikut mereka (konsumen) untuk membeli barang, produk atau layanan yang mereka afiliasikan.

Mudah kan?

 

Bagaimana cara kerja tautan afiliasi?
Sistem tautan afiliasi adalah sistem tempat Anda membagikan produk kepada pelanggan Anda. Ketika Anda melakukannya, itu dianggap sebagai tautan rujukan. Orang yang Anda rujuk disebut sebagai “Mitra Rujukan”. Ketika mitra rujukan mendaftar untuk produk dari Anda, itu dianggap sebagai “Rujukan”.

Program rujukan memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk membuat Anda tetap dalam kegelapan. Itu artinya Anda akan mendapat komisi kecil di setiap penjualan. Tujuan kedua adalah membantu Anda mengembangkan bisnis.

Di sinilah program afiliasi ikut bermain. Dalam program afiliasi, mitra rujukan Anda disebut sebagai afiliasi Anda.

Sekarang saatnya berbicara tentang berbagai jenis program afiliasi yang dapat Anda pilih dan di mana menemukannya. Sebelum Anda memilih program afiliasi, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Program afiliasi apa yang harus saya gunakan?
2. Apa program afiliasi terbaik untuk digunakan?
3. Di mana menemukan program afiliasi terbaik untuk digunakan?

 

Apa itu cookie pelacak dalam pemasaran afiliasi?
Cookie pelacakan digunakan oleh pemasar afiliasi untuk mengumpulkan informasi tentang interaksi pengguna dengan situs mereka, termasuk apakah pengguna situs web mengambil tindakan, apakah mereka dirujuk ke situs lain atau sejauh mana mereka dalam pengalaman berbelanja. Mereka dapat digunakan untuk meningkatkan atau mempersonalisasi iklan atau konten online lainnya dan juga dapat membantu melacak lokasi pengguna dan menyediakan konten yang disesuaikan untuk mereka.

Cookie pelacakan berisi nomor unik yang dikirimkan ke komputer Anda setiap kali Anda mengunjungi situs web. Nomor ini adalah pengenal unik cookie (UID).

Anda dapat memilih untuk mengizinkan atau menolak cookie pihak ketiga, atau Anda dapat menerimanya dan menonaktifkan penyimpanan mereka di komputer Anda. Dengan demikian, Anda memberikan persetujuan Anda untuk mengizinkan pihak ketiga menggunakan cookie untuk melayani Anda iklan online, mempersonalisasi konten, dan mengukur keefektifan kampanye pemasaran mereka. Persetujuan ini dapat dicabut kapan saja dengan mengubah pengaturan browser Anda. Jaringan periklanan juga menggunakan cookie.

 

Memahami model atribusi teratas dalam pemasaran afiliasi
Jika Anda ingin melakukan pemasaran afiliasi maka Anda perlu mengetahui model atribusi yang tersedia. Berikut adalah dua hal teratas untuk dilihat:

1.Model pertama yang merupakan ‘saluran tidak langsung’ adalah yang terbaik untuk pemasaran afiliasi. Misalnya, dalam hal ini pelanggan membeli dari situs Anda. Ini berarti Anda dibayar untuk pelanggan yang datang ke situs Anda dan mengklik tautan afiliasi Anda. Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan. Sebagian besar, komisi akan menjadi 3%.

2.Model kedua adalah ‘saluran langsung’. Misalnya, Anda menjual item di Amazon dan pelanggan membelinya langsung dari Anda. Anda adalah penjual “saluran langsung” dan Anda mendapatkan komisi lebih tinggi daripada Amazon. Model saluran tidak langsung berbeda, karena pelanggan memesan dari Anda dan Anda menerima komisi yang lebih rendah, tetapi Anda tidak menerima komisi “bersih”. Ini adalah bagaimana Anda dapat memiliki margin yang lebih tinggi pada saluran langsung, namun kurang menguntungkan pada saluran tidak langsung.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO  adalah proses mendapatkan lalu lintas dari hasil penelusuran alami, organik, dan gratis di mesin telusur.

Google, Facebook, dan mesin telusur lainnya (mis.Bing) berusaha mengidentifikasi apa yang Anda lakukan, atau apa yang ingin Anda lakukan, sehingga mereka dapat menampilkan hasil yang lebih relevan. Menurut Anda, mengapa penting untuk mempelajari cara menggunakan mesin telusur?

Sudah menjadi keyakinan umum bahwa memahami cara meningkatkan kualitas hasil penelusuran adalah salah satu kunci untuk menciptakan bisnis online yang menguntungkan. Kuncinya bukanlah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencoba mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, tetapi untuk memahami jenis kueri dan hasil yang masuk akal, dan menggunakannya untuk mengarahkan lalu lintas, penjualan, dan konversi.

Membangun situs yang ramah SEO
Saat Anda membenamkan diri dalam SEO dan cara kerjanya, mungkin inilah saatnya untuk menerapkan teknik SEO yang telah Anda pelajari dalam membangun situs web, baik itu yang lama yang ingin Anda tingkatkan atau yang baru yang sedang Anda kerjakan.

Membangun situs yang ramah SEO, bagaimanapun, bukan tentang hanya menulis konten berkualitas, ini tentang memastikan bahwa struktur, organisasi, dan navigasi situs Anda dirancang untuk menarik dan mempertahankan pengguna dan untuk membuat mereka lebih mungkin menyelesaikan transaksi.

Itu berarti mengoptimalkan halaman, navigasi, kategori, dan kategori situs Anda dan memastikannya mudah dinavigasi dan dipahami.

 

Jika Anda memiliki situs yang memerlukan perbaikan, atau Anda hanya ingin memperbarui beberapa konten yang sudah ada, Anda perlu memastikan bahwa Anda:

1.Miliki hierarki konten Anda yang jelas
2.Buat kategori untuk memecah konten Anda dan mengaturnya dengan cara yang masuk akal
3. Identifikasi di mana konten diperlukan untuk bagian tertentu dari situs Anda (yaitu, di mana Anda ingin beranda dan berapa banyak halaman

Search Engine Marketing (SEM)

Dalam dunia bisnis dengan populasi dan daya saing yang semakin meningkat yang membuat setiap orang berusaha untuk mengalahkan satu sama lain, pemasaran mesin pencari adalah salah satu dari sedikit cara dan cepat untuk menumbuhkan bisnis. Bisnis yang tak terhitung banyaknya berkelahi setiap hari untuk memegang panggung utama dan memegang tempat nomor satu, wajar saja jika internet menjadi tempat di mana berbagai bisnis ini mencoba menarik perhatian dengan iklan dan alat yang berguna untuk mempublikasikan dan mempromosikan bisnis Anda sambil memeliharanya. mencapai potensi penuhnya.

Keberhasilan dalam bisnis sangat bergantung pada orang yang mengetahui apa yang Anda tawarkan sebagai layanan atau barang yang Anda jual dan Anda memiliki peluang lebih baik untuk menciptakan kesadaran ini melalui penguasaan Search Engine Marketing atau SEM. Pada dasarnya, Search Engine Marketing hanyalah mengiklankan bisnis Anda di internet sehingga muncul di halaman hasil mesin pencari. Ini seperti memanipulasi internet untuk menyarankan pengguna mengunjungi alamat bisnis Anda.

Pakar bank strategi periklanan ini tentang kemungkinan pengguna mengetikkan kata kunci yang unik untuk layanan yang Anda tawarkan atau barang yang Anda jual di mesin pencari seperti yahoo, Bing dan google yang akan menampilkan hasil pencarian internet mereka berdasarkan sebagian besar menggunakan kata kunci dan ini membantu apa yang Anda iklankan untuk muncul dengan hasil saat mesin pencari ini menyimpulkan pencarian internet mereka.

 

Di mana dan bagaimana memulai?
Tanpa menguasai pemasaran mesin pencari, Anda mungkin menjadi sangat bingung dan frustrasi yang secara umum akan mempengaruhi pandangan Anda tentang penggunaan pemasaran mesin pencari secara terus menerus. Sebagian besar perusahaan menjauhi hal itu karena tidak memiliki ahli untuk menanganinya. Ini adalah bentuk periklanan yang sangat teknis dan perlu dipelajari dan ditanggapi dengan serius agar efektif dan berguna bagi Anda dan bisnis Anda. Ketika dikuasai dan digunakan dengan benar, pemasaran mesin pencari bisa menjadi alat yang sangat baik untuk meningkatkan bisnis Anda.

 

Anda harus mempertimbangkan tip berikut:

1. Penting untuk mengetahui audiens target Anda dan platform yang kemungkinan besar akan mereka gunakan. Penentu ini dapat mencakup usia, lokasi demografis, jenis kelamin, dan hal-hal lain seperti itu. Ketika Anda mengetahui tipe orang yang ingin Anda tarik, itu membantu Anda memutuskan bagaimana menjangkau mereka. Penentu seperti usia memengaruhi jenis produk atau layanan yang ingin diperoleh orang tertentu, tingkah laku dalam penelitian mereka, bagaimana mereka suka berkomunikasi. Ini akan membentuk pilihan mesin pencari dan juga pilihan kata kunci.

2.Juga sangat disarankan untuk memulai pemasaran mesin pencari dalam skala kecil dan juga lambat. Ini karena Anda ingin dapat memantau kemajuan Anda atau mencari tahu masalah di mana pun ada. Anda mungkin kewalahan jika menjalankan banyak iklan pemasaran mesin pencari sekaligus.

Social Media Marketing

Pemasaran media sosial adalah cara efektif untuk menjangkau pelanggan target Anda dan membuat mereka mengambil tindakan, dengan memberi mereka informasi terbaru, relevan, dan menarik. Ini juga membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas. Ini juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis atau mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Dengan menggunakan pemasaran media sosial, Anda dapat menjangkau audiens baru, dan membuat mereka mengklik situs Anda, mendownload aplikasi, atau untuk bergabung dengan acara Anda. Ada banyak cara untuk menjangkau audiens Anda dan membuat mereka mengambil tindakan. Ada begitu banyak cara untuk menggunakan media sosial, untuk melibatkan pelanggan Anda dan membuat mereka membeli.

Pemasaran media sosial membantu Anda terhubung dengan pasar yang lebih besar. Anda dapat melakukan percakapan yang lebih bermakna dengan audiens Anda dengan bantuan pemasaran media sosial.

Strategi pemasaran media sosial diadopsi di seluruh negeri, dan sejumlah besar metode kreatif tersedia bagi konsumen yang menggunakannya untuk mengembangkan merek mereka dengan cara yang baru dan menarik.

Konsep kampanye pemasaran viral telah menjadi begitu umum sehingga pemasar menjadi mahir dalam kemampuan untuk memanfaatkan dan mengeksploitasi kekuatan media sosial.

Semoga bermanfaat..
Taken From  :
academy.accesstrade.global

 

Baca Juga :

Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing) Part #1

Pelatihan Teknopreneur Bersama Google #Part1