Channel Podcast Bernilai Bisnis

/Technopreneur

Kita  bisa memandang channel podcast sebagai salah satu channel marketing. Pikirkan hal yang sama jika Anda memiliki channel marketing lain seperti blogging, media sosial seperti Instagram, siaran radio, dll. dan ingin mendapatkan “penghasilan” dari situ.  Maka yang membatasi untuk melakukan monetisasi channel podcast hanyalah kreativitas.

Sepanjang poscast memiliki pemirsa yang besar dan tertarget, sudah seharusnya bisa memonetisasi channel podcast Anda. Tentunya pertama-tama, untuk mendapatkan data tentang ukuran dan demografis dari pemirsa channel podcast yang dimiliki, kita perlu memiliki akses ke fitur analytics dari tempat channel podcast disiarkan.

 

Selanjutnya, beberapa contoh saja cara untuk memonetisasi channel podcast:

1. Sponsor: Cari perusahaan yang memiliki pasar sasaran sesuai dengan pemirsa Anda. Ajukan proposal untuk mendapatkan sponsor dari mereka. Selanjutnya Anda akan menayangkan iklan dari sponsor Anda di dalam episode-episode podcast Anda.

 

2. Paid Content: Mirip seperti sponsor, tapi di sini Anda membuat episode yang berisi konten dari orang-orang atau perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka melalui channel podcast Anda. Dengan demikian, Anda menjual episode Anda kepada mereka. Cara paling umum biasanya dengan mengundang orang atau wakil dari perusahaan tersebut untuk mengisi episode podcast Anda.

 

3. Donasi & Crowdfunding: Kalau Anda memiliki channel podcast yang menarik bagi segmen pasar tertentu dan Anda memiliki fans yang loyal, Anda juga bisa membuka donasi dan crowdfunding untuk kelangsungan channel podcast Anda.

 

4. Buat dan jual merchandise: Jika channel podcast Anda populer dengan fans yang loyal dan bangga menjadi pendengar Anda, kenapa tidak buat merchandise untuk dijual kepada fans Anda? Membuat custom merchandise (t-shirt, hoodie, topi, mug, stiker, dll) dengan logo atau slogan channel podcast Anda sangat mudah. Kalau Anda tidak mau repot-repot memproduksi sendiri merchandise Anda, gunakan berbagai macam platform Print On Demand yang sudah banyak tersedia di Indonesia, seperti BlazBluz, Dropship Aja, Ciptaloka, Tees co id, dan masih banyak lagi.

 

5. Affiliate Marketing: Seperti halnya pada blogging, newsletter dan yang semisalnya, di sini Anda juga bisa memposisikan diri Anda sebagai affiliate marketer dengan mempromosikan produk-produk (khususnya digital) orang lain melalui afiliasi Anda.

 

6. Mempromosikan produk / layanan dari bisnis Anda sendiri: Mungkin Anda punya bisnis sendiri di luar channel podcast Anda? Misalkan Anda berjualan madu, kosmetik, hijab, buku, produk kesehatan, seminar, kursus online dsb. Maka Anda juga bisa menggunakan channel podcast Anda sebagai salah satu channel marketing dari bisnis Anda.

 

Demikianlah sekilas beberapa ide saja untuk mendapatkan uang melalui channel podcast Anda. Semoga bermanfaat.

Catatan:
Sumur : Ruby Suramulia – Digital Lifestyle Business Ninja
Gambar-gambar ilustrasi diambil dari internet

Baca juga :

Podcast Sebagai Sarana Marketing Brand

 

Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing) Part #1

Freelance Affiliate