(Modul 1.3.a. Visi Guru Penggerak – 1.3.a.3. Mulai dari Diri)
Dalam Pembelajaran modul ini (Modul 1.3.a. Visi Guru Penggerak – 1.3.a.3. Mulai dari Diri) ini kita akan menggali pemahaman kita berkaitan dengan visi. Ingatkah pada masa kecil kita pernah atau sering ditanya tentang cita-cita. Pertanyaan yang sering kita terima adalah,
“Mau jadi apa jika sudah dewasa?”
Pada saat itu, sebagian besar dari kita mampu dan dapat menjawab dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang ingin capai di masa depan. Padahal, kita belum mengetahui apakah hal itu dapat dicapai atau tidak.
Visi itu seperti membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas putih yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai sinar atau cahaya penunjuk arah yang memandu manusia untuk mencapai tujuannya. Visi adalah sesuatu yang belum terjadi saat ini, namun kita yakin akan direalisasikan di masa depan.
Berikut marilah membayangkan tanggung jawab kita sebagai seorang guru, terutama berkaitan dengan peran sebagai guru penggerak. Kita memiliki peran untuk dapat mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah.
Peran tersebut diatas memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang kita inginkan atau dapat tercapai di masa depan kelak. Hal-hal besar yang kita harapkan di masa depan itulah yang kita sebut sebagai visi. Untuk membantu kita memahami visi tersebut, ada beberapa pertanyaan yang perlu kita ajukan kepada diri sendiri mengenai visi ini.
- Saya memimpikan murid-murid yang ……………………………………………………
- Saya percaya bahwa murid adalah ……………………………………………………
- Di sekolah, saya mengutamakan ……………………………………………………
- Murid di sekolah saya sadar betul bahwa ……………………………………………………
- Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk …………………………………………………
- Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa ……………………………………………
Enam pertanyaan pemantik diatas yang akan menjadi dasar dalam membuat misi seorang guru penggerak yang dituangkan dalam 3 karya yakni sebagai berikut :
Karya 1. Imajinasiku tentang Muridku di Masa Depan
Guru CGP diminta untuk membuat gambar/ ilustrasi mengenai imajinasi murid-murid bapak/ibu dimasa depan, bisa mengenai profesi maupun unsur yang lain. Berikut adalah hasil karya 1.
Imajinasi tentang peserta didik dimasa depan adalah :
Peserta didik yang berkarakter baik, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, kritis, berkolaborasi dan toleran
Karya 2. Menuliskan apa yang diyakini mengenai beberapa hal
Meyakini Peserta Didik dan Sekolah :
- Saya memimpikan peserta didik yang berpikiran kritis, Inovatif, kompeten sesuai perkembangan zaman, dan mempunyai budi pekerti mulia.
- Saya percaya bahwa peserta didik adalah anak-anak yang memiliki keistimewaan dan bakat sesuai kodratnya
- Sekolah saya mengutamakan pendidikan karakter dan disiplin.
- Peserta Didik di sekolah saya sangat sadar bahwa mereka harus mengutamakan budi pekerti karena ilmu tanpa adab, budi pekerti yang mulia tidak ada artinya
- Saya dan guru lain di sekolah saya memiliki keyakinan untuk menuntun anak agar dapat mencapai kebahagiaan sesuai potensinya atau kodratnya.
- Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap peserta didik memiliki bakat yang berbeda, maka cara memperlakukannya atau penanganannya juga berbeda
Karya ke-3. Visi Guru Penggerak
Bapak/ibu CGP diminta merumuskan visi dalam bentuk kata-kata yang jelas. Visi ini cukup terdiri dari 1 kalimat pendek yang ditulis berdasarkan tugas karya 1 dan 2.
Visi : “Menuntun Peserta Didik Agar Dapat Mencapai Potensi Optimal Sesuai Dengan Profil Pancasila”
Demikian tugas modul 1.3.a.3 mulai dari diri Visi Guru Penggerak yang dapat disampaikan, semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua untuk pendidikan Indonesia lebih baik.
Tonton Videonya :
Baca juga :