Pentingnya Media Sosial Untuk Pemasaran & Bisnis

/Technopreneur

Eksposur bisnis atau kesadaran merek adalah salah satu tujuan utama bisnis. Munculnya teknologi digital telah memungkinkan untuk mendekati audiens terbesar dan tertarget melalui gelombang media sosial yang terus berkembang. Pertama-tama mari kita jelaskan istilah media sosial dan statistik globalnya dari perspektif bisnis untuk memahami pentingnya media sosial dalam bisnis. Media sosial adalah integrasi teknologi dengan interaksi sosial dan berbagi kata, gambar, audio, dan video. Ini menghubungkan bisnis Anda dengan pemangku kepentingannya secara digital.

Mari kita lihat alasan mengapa pemasaran media sosial penting untuk bisnis saat ini. Media sosial dengan cepat menjadi salah satu aspek terpenting dari pemasaran digital, yang memberikan manfaat luar biasa yang membantu menjangkau jutaan pelanggan di seluruh dunia. Dan jika Anda tidak menerapkan sumber yang menguntungkan ini, Anda akan kehilangan peluang pemasaran yang luar biasa, karena media sosial memudahkan untuk menyebarkan berita tentang produk dan misi Anda.

Inilah mengapa pemasaran media sosial penting untuk bisnis Anda

Gambar Ilustrasi : seoanaksholeh.com

Kesadaran Merek dengan Kehadiran Sosial

Kehadiran media sosial tidak hanya membangun merek Anda tetapi juga membantu mengembangkan koneksi dengan klien yang ada dan membangun kepercayaan di antara mereka. Ini juga membawa Anda ke hadapan klien baru dan memainkan peran kunci dalam menghasilkan pertumbuhan bisnis.

Bisnis tanpa kehadiran sosial kemungkinan besar akan melewatkan klien potensial baru dari 3,5 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia.

Bisnis dengan kehadiran sosial dapat merespons dinamika pasar dan peluang kompetitif dengan lebih baik daripada bisnis yang diatur secara tradisional. Itu semua dimungkinkan melalui partisipasi dalam komunitas sosial, forum diskusi, atau aplikasi dan konteks sosial lainnya.

 

Iklan Media Sosial

Iklan media sosial adalah salah satu tren pemasaran yang tumbuh paling cepat saat ini. Ini membawa banyak keuntungan ketika sebuah bisnis memamerkan produk dan layanannya untuk promosi.

Ada banyak strategi periklanan, namun media sosial adalah pilihan yang brilian jika kita melihat manfaatnya.

1. Jika dibandingkan, media sosial jauh lebih murah daripada metode periklanan tradisional seperti media cetak, radio, dan iklan TV. Selain itu, sebelum Anda memilih iklan berbayar, Anda juga dapat mengiklankan produk Anda di sebagian besar jejaring sosial dengan gratis.
2. Tidak seperti iklan tradisional, Anda dapat menargetkan audiens spesifik Anda melalui iklan media sosial dan meningkatkan konversi Anda.
3. Setelah Anda membuat iklan, Anda dapat membuat analisis kinerja untuk memahami apakah iklan Anda berkinerja lebih baik atau tidak dan memperbarui iklan Anda untuk hasil yang lebih baik.

 

Meningkatkan Trafik 

Bisnis akan dibatasi pada basis pelanggan internalnya, atau orang-orang yang sudah akrab dengan pasar atau merek Anda jika Anda mengabaikan nilai media sosial dalam bisnis. Lalu lintas media sosial meningkat ketika Anda merencanakan strategi pemasaran masuk yang efektif dan menargetkan pelanggan Anda, melibatkan mereka, dan membangun hubungan di berbagai jejaring sosial. Lalu lintas yang Anda buat dengan cara ini, kemungkinan besar dikonversi menjadi penjualan karena paling relevan dengan merek Anda.

 

Analisis Kompetitif Media Sosial

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda miliki, Anda selalu menghadapi persaingan. Mendapatkan keunggulan atas pesaing Anda adalah yang paling penting jika Anda ingin bisnis Anda sukses. Analisis kompetitif sebenarnya adalah analisis informasi pesaing dan perilaku bisnisnya. Dengan analisis persaingan media sosial, Anda dapat membandingkan aspek-aspek utama dari strategi pesaing Anda dan menyimpulkan seberapa baik kinerja strategi Anda di lingkungan media sosial yang berbeda.

Apa tujuan dari analisis kompetitif? Tentu, ada tujuan. Tujuannya adalah untuk lebih memahami seberapa baik Anda dapat meningkatkan kehadiran sosial Anda dibandingkan dengan yang ada di industri Anda.

Gambar Ilustrasi : google.com

 

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk optimalistas  kesuksesan pemasaran atau bisnis di media sosial :

Berinteraksi dengan Pelanggan Untuk Hubungan Lebih Baik

Saat ini, kita melihat tren peningkatan media sosial yang jauh lebih mudah diakses dan ramah daripada penjual offline. Ini adalah cara yang dipersonalisasi dan paling efektif untuk terlibat dengan pelanggan Anda dan menyelesaikan masalah mereka.

Kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan bisnis yang sukses, jadi itu harus menjadi prioritas utama Anda. Begitulah cara Anda mempertahankan pelanggan yang ada melalui keterlibatan sosial.

 

Tingkatkan Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Optimisasi mesin pencari adalah tentang mendapatkan lebih banyak eksposur dan membawa lebih banyak pengguna untuk mengakses situs web secara organik. Menurut Google, ini mempertimbangkan sinyal sosial saat memberi peringkat pada halaman web. Jika demikian, ini akan meningkatkan kesadaran merek Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

 

Tingkatkan Penjualan Media Sosial

Meningkatkan penjualan adalah salah satu tujuan utama bisnis. Strategi pemasaran sosial yang efektif dapat meningkatkan merek Anda untuk penjualan besar. Facebook, LinkedIn, Pinterest, Instagram, dan bahkan YouTube sudah mulai menawarkan iklan produk kepada merek. Sebuah bisnis dapat menjual produknya melalui iklan di jaringan ini. Ini adalah salah satu cara berjualan yang umum dilakukan melalui media sosial. Masih banyak lagi.

 

Penghematan biaya

Untuk strategi periklanan, pemasaran media sosial mungkin merupakan cara yang paling hemat biaya. Membuat akun dan mendaftar gratis untuk hampir semua platform jejaring sosial. Tetapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan iklan berbayar di media sosial, selalu mulai dari yang kecil untuk melihat apa yang Anda harapkan. Menjadi hemat biaya itu penting karena membantu Anda mencapai laba atas investasi yang lebih besar dan memiliki anggaran yang lebih besar untuk pembayaran pemasaran dan bisnis lainnya. Hanya dengan menginvestasikan sedikit uang dan waktu, Anda dapat meningkatkan rasio konversi secara signifikan dan pada akhirnya mendapatkan laba atas investasi dari uang yang Anda investasikan.

 

Kepuasan pelanggan yang lebih utama

Media sosial memainkan peran penting dalam jaringan dan platform komunikasi. Dengan bantuan platform ini, menciptakan inteaksi sosial pada bisnis Anda. Hal tersebut  penting dalam meningkatkan citra merek secara keseluruhan. Pelanggan merasa ikut berkonteribusi  dan direspon ketika mereka memposting komentar di halaman Anda, mereka menerima balasan yang dimodifikasi daripada pesan terkomputerisasi.

 

Sumber :  

Growing a Successful Business with Social Media

 

Baca juga :

Perbedaan Startup (Perusahaan Rintisan) dengan Bisnis Online

Komputasi Awan ( Cloud) Mendukung Pertumbuhan dan Produktivitas Technopreneur