Digital Learning (Pembelajaran Digital)

/Education

Apa itu pembelajaran digital?

Pembelajaran digital adalah semua jenis pembelajaran yang disertai dengan teknologi atau dengan praktik instruksional yang memanfaatkan teknologi secara efektif. Ini mencakup penerapan spektrum luas praktik termasuk: pembelajaran campuran dan virtual. Pembelajaran digital didasarkan pada ajaran-ajaran dalam istilah luas, pembelajaran digital, yang menjadi populer dalam beberapa dekade terakhir. Ini sering digunakan sebagai sinonim untuk pembelajaran elektronik (yang juga dikenal sebagai eLearning) yang biasanya digunakan untuk mengartikan kebalikan dari metode pembelajaran transmisif tradisional gaya guru-siswa.

Ponsel cerdas, memberi kita akses ke apa pun dan semua yang Anda butuhkan – langsung di ujung jari kami. “Gofood” mengantarkan makanan favorit langsung ke rumah Anda, dan berbagai aplikasimenghubungkan kita dengan teman dan keluarga di belahan bumi mana saja.

Karena kebiasaan digital sedang meningkat dan kemajuan teknologi terus berinovasi dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tidak dapat disangkal bahwa kita hidup di dunia digital. Hampir di setiap aspek kehidupan kita, kita mengandalkan teknologi untuk menginspirasi dan mencapai prestasi. Dan belajar tidak terkecuali. Dengan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) berbasis pembelajaran mikro yang memprioritaskan seluler , kita pada dasarnya telah memiliki alat untuk melibatkan, melatih, dan mendidik tim – besar dan kecil – dalam kapasitas yang tidak terbatas.

 

Pembelajaran digital di sekolah
Di masa yang tidak menentu ketika sekolah digital diperlukan, penting bahwa institusi atau organisasi siap untuk bergantung sepenuhnya pada teknologi. Di tengah pandemi Coronavirus, sekolah digital telah berkembang dalam beberapa minggu terakhir, memberikan banyak penekanan pada lingkungan belajar digital.

 

(gambar :google)

Sistem Pendidikan Digital sedang beraksi
Bagaimana pembelajaran digital akan mengubah sekolah dan pendidikan? Anak usia sekolah, lahir pada akhir 1990-an, dan selanjutnya memahami komputer sebagai bagian dari ruang hidup mereka. Komputer telah menjadi sumber hiburan dan informasi yang tak terbantahkan dalam hal permainan individu atau kolektif, media untuk musik, film, komunikasi dengan lawan bicara yang jauh secara geografis dan fisik, sebagai alat korespondensi, dan sebagainya.

Secara keseluruhan, komputer menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, baik dari aspek kegiatan pribadi maupun dari aspek profesional. Kesimpulan yang realistis dan tak terelakkan adalah bahwa implementasi filosofi komputer dan alat bantu digital dalam proses pengajaran tidak dapat dihindari.

Kemajuan teknologi peradaban manusia yang pesat menyebabkan kebutuhan evolusioner akan perubahan konsep pendidikan. Standar baru di bidang pendidikan telah diterima di seluruh dunia, yang secara signifikan telah mengubah gagasan dan konsep pengajaran kuno. Modernisasi teknologi pendidikan sebagai bagian integral dari proses pengajaran tidak dapat dihindari pada momen teknologi ini.

Apa yang diberlakukan oleh zaman baru itu sendiri adalah apa yang di dunia disebut “Pembelajaran Seumur Hidup” di mana individu yang aktif dipaksa untuk secara individu mengubah informasi yang dikumpulkan menjadi pengetahuan. Mereka perlu diajar, tidak hanya untuk mencari informasi secara mandiri tetapi juga untuk mengelolanya, menganalisisnya, dan mengubahnya menjadi pengetahuan yang berguna. Peran guru di sekolah menjadi agak berbeda: mereka tidak lagi menjadi pusat kelas tempat pengajaran frontal berlangsung, tetapi sebagai rekan, instruktur, atau “pelatih” yang membantu siswa belajar dengan caranya sendiri dan berhasil memproses informasi menjadi pengetahuan.

 

Bagaimana pembelajaran digital berkontribusi pada pembelajaran yang lebih baik?
Pendidikan dengan menggunakan media interaktif modern jauh lebih baik daripada metode pendidikan klasik. Informasi yang didigitalkan dapat lebih mudah diedit dengan bantuan gambar, animasi, dan suara sambil bekerja pada berbagai indera sehingga memberikan informasi yang lengkap. Keuntungan dari sistem digital adalah kecepatan arus informasi dan kemampuan untuk memperbaruinya. Dengan bantuan berbagai media, transfer pengetahuan yang beragam adalah dimungkinkan.

 

Munculnya sistem multimedia interaktif merupakan peningkatan dari perangkat lunak pendidikan sebelumnya karena:

1.Kualitas komunikasi antara pengguna dan komputer meningkat;
2.Penggunaan sistem kode dan simbol, yaitu tindakan simultan pada berbagai indera dengan bantuan konten pendidikan memungkinkan perkembangan berbagai gaya kognitif, dan siswa lebih tertarik untuk belajar dibandingkan dengan aktivitas lain;
3.Penyajian konten lebih menarik, pragmatis dan berkontribusi pada perolehan pengetahuan dalam situasi yang berbeda;
4.sistem multimedia interaktif memungkinkan transfer pengetahuan dengan bertindak secara simultan pada berbagai indera, sehingga mempercepat proses memperoleh materi;
5. Banyak pengkodean/pemograman dan pemodelan memungkinkan untuk menciptakan situasi nyata dan kompleks dan menyajikan konten pengajaran dari perspektif lain, dalam konteks yang berbeda dan pada berbagai tingkat abstraksi;
6.Penerapan konsep mendorong aktivitas siswa, dan pemecahan masalah yang ditawarkan oleh program memotivasi siswa untuk belajar.

 

Apa itu pembelajaran digital?
Apa itu pembelajaran digital? Pembelajaran digital didasarkan pada ajaran-ajaran dalam istilah luas, pembelajaran digital, yang menjadi populer dalam beberapa dekade terakhir. Ini sering digunakan sebagai sinonim untuk pembelajaran elektronik (yang juga dikenal sebagai eLearning) yang biasanya digunakan untuk mengartikan kebalikan dari metode pembelajaran transmisif tradisional gaya guru-murid.

 

Bagaimana membuat Pembelajaran Digital lebih efektif ?
Desainer Instruksional menggunakan alat yang disebut Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS). Ini adalah sistem yang memungkinkan guru dan instruktur untuk menambahkan pertanyaan dan jawaban ke kerangka kerja yang dibuat sebelumnya yang kemudian dapat digunakan secara otomatis untuk berinteraksi dengan banyak siswa – ini akan menyampaikan informasi kepada siswa dan secara otomatis berinteraksi dengan mereka.

Bacaan :
edapp.com
en.wikipedia.org

Baca juga :

Memanfaatkan Internet Secara Produktif

10 Simple Tips on How to Build the Habit of Reading Daily