Microlearning VS E-learning

/Education

Microlearning adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh para pengajar dengan cara yang lebih singkat. Jika diartikan secara sederhana, microlearning adalah metode pembelajaran untuk jangka pendek.

Sebenarnya, tidak ada definisi baku untuk microlearning ini. Hanya saja, banyak yang sepakat bahwa microlearning ini adalah metode pembelajaran yang singkat. Jika kami contohkan, metode pembelajaran ini dapat berupa seminar. Jika Anda mengikuti seminar, tentu tidak akan berjalan dalam waktu yang panjang. Lumrahnya hanya akan dijalani dalam beberapa hari.

Microlearning juga perlu dilakukan oleh pihak sekolah/kampus untuk mendukung metode pembelajaran yang tidak hanya dilakukan begitu-begitu saja. Dengan metode pembelajaran mikro ini, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan para pelajar dengan berbagai macam bentuk muali dari teks, multimedia dan lain sebagainya yang dapat diikuti secara singkat.

 

Berikut adalah beberapa contoh konten pembelajaran mikro yang dapat Anda pilih.
1. Teks: Untuk teks ini, Anda dapat mengambil frase atau paragraf pendek yang mudah dipahami oleh para pelajar.
2. Gambar: Gambar ini dapat berupa foto yang diambil secara nyata dan juga dapat berupa ilustrasi.
3. Video: Anda dapat membuat video pendek sebagai bagian dari pembelajaran
4. Audio: Rekaman suara dari pengajar untuk para pelajar
5. Tes dan kuis
6. Game dalam proses belajar mengajar.

Gambar : Google

Microlearning vs E-learning
Pada masa modern ini, banyak orang menghabiskan waktu mereka secara online, baik untuk pekerjaan, komunikasi, hiburan, maupun pelajaran. Seiring berjalannya waktu, online learning atau E-Learning telah berkembang menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah diakses. Hal ini menyebabkan variasi metode dan media pembelajaran semakin beragam. Variasi tersebut membuat pengalaman belajar menjadi salah satu faktor penting bagi modern learner, khususnya karyawan [trybugle].

Guru/Karyawan memiliki waktu terbatas untuk belajar demi perkembangan keterampilan mereka, karena tugas dan tanggung jawab yang begitu banyak. Kemungkinan besar karyawan akan melupakan inti pembelajaran setelah membaca konten yang panjang, karena telah melampaui kapasitas memori untuk menyerap ilmu. Kurangnya interaksi antara informasi dengan pelajar, membuat tujuan “mengembangkan keterampilan” menjadi hanya sekedar “mendapatkan reputasi” [Giurgiu, 2017]. Microlearning sebagai salah satu metode E-Learning dapat membantu mencegah pergeseran tujuan dari pembelajaran tersebut, dengan salah satu fungsinya yaitu “learn just in time, not just in case”.

Gambar : google

Apa perbedaan dari E-Learning dan Microlearning?

E-Learning adalah konsep penyajian ilmu melalui elektronik atau teknologi secara online, dengan beragam format (halaman website, video, pdf, live streaming, dsb.), durasi dan fitur lainnya. Pada perusahaan, E-Learning membuat pelatihan karyawan menjadi jauh lebih mudah. Pengajar dapat melatih karyawannya dimana saja tanpa biaya dan logistik untuk transportasi atau pelatihan tatap muka.

E-Learning juga memungkinkan pelajar untuk mengakses materi pelatihan kapan saja dengan jadwal yang dapat ditentukan sendiri, sehingga tidak perlu mempertimbangkan perbedaan zona waktu maupun lokasi. Selain itu, pelatihan secara online dapat membantu perusahaan memastikan setiap karyawannya mendapatkan pengalaman belajar yang sama dan materi pelatihan yang konsisten

Microlearning sebagaimana telah dibahas sebelum adalah salah satu metode E-Learning yang menyajikan informasi secara ringkas dan fokus kepada inti pembelajaran. Metode ini merupakan cara yang ideal untuk menemukan jawaban secara cepat terhadap pertanyaan yang spesifik. Perusahaan seringkali melakukan pelatihan dengan Microlearning dengan konten berupa panduan mengikuti suatu prosedur, panduan melakukan pekerjaan, maupun panduan menggunakan suatu alat atau teknologi.

Microlearning juga sering digunakan untuk memperbarui keterampilan dalam bekerja. Metode pembelajaran ini seringkali diterapkan melalui simulasi, interaksi, video tutorial, atau skenario pendek

 

Setelah anda mengetahui definisi dari masing-masing istilah, kita dapat membandingkan E-Learning dan Microlearning untuk mendapatkan persepsi yang lebih dalam. Perbedaan dari E-Learning dan Microlearning secara ringkas dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Namun, perlu diingat bahwa E-Learning yang dimaksudkan pada pembahasan ini adalah metode yang digunakan selain Microlearning.

 

No. Isu E-Learning (selain Microlearning) Microlearning
1. Konteks pembelajaran Pembelajaran informal atau formal Pembelajaran informal
2. Durasi belajar Tergantung pada metode pembelajaran (biasanya menghabiskan berjam-jam) Sesingkat mungkin(maksimal 15 menit per topik)
3. Tujuan utama Kemampuan melewati tes atau poin tertentu untuk memastikan pemahaman pelajar Setiap topik atau modul menyajikan jawaban spesifik terhadap suatu masalah atau pertanyaan
4. Variasi Biasanya lebih terstruktur, dengan materi pembelajaran yang berurutan atau bertahap Struktur dinamis dan fleksibel, lebih rentan modifikasi
5. Media Elektronik atau teknologi online, biasanya tidak mobile-friendly Mobile-friendly, dibuat agar dapat diakses saat dibutuhkan
6. Sasaran pengguna Pelajar yang tidak memiliki ilmu dasar dan membutuhkan pembahasan rinci terhadap suatu topik Pelajar yang sudah memiliki keterampilan dasar, dapat mengidentifikasi rentang ilmu mereka, dan memiliki kapasitas daya ingat yang rendah
7. Partisipasi pelajar Fokus kepada interaksi pelajar dan konten pembelajaran Fokus kepada interaksi sosial antara pelajar

[Giurgiu, 2017; ispringsolutions]

Kesimpulan, terdapat dua perbedaan utama antara Microlearning dan metode pembelajaran tradisional atau E-Learning. Pertama, Microlearning tidak memiliki banyak konteks atau detail, karena metode ini tidak umum digunakan untuk menyampaikan ilmu dasar. Kedua, Microlearning umumnya digunakan dengan asumsi bahwa pelajar memiliki cukup motivasi untuk mencari dan menyelesaikan pelajaran yang mereka butuhkan. Metode ini membuat pembelajaran seakan terlihat mudah dan praktis. Namun seringkali pelajaran yang singkat dapat menjadi tantangan, ketika ilmu yang disajikan jauh melampaui keterampilan siswa saat itu

 

Bacaan :

Giurgiu, 2017; ispringsolutions
brightspaceindonesia.com
en.wikipedia.org
sunedu.id

 

Baca juga :

Free Elearning Online Courses (Kursus Gratis Internasional Bersertifikat)

Digital Learning (Pembelajaran Digital)