DEMOSTRASI KONTEKSTUAL 3.3
RANCANGAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
SMKN 2 PADANG PANJANG SEBAGAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (SMK PK)
Nama Program :
SMKN 2 PADANG PANJANG SEBAGAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (SMK PK)
Deskripsi Program :
SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri,dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai Sekolah Penggerak
Tujuan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)
Tujuan SMK PK adalah mewujudkan transformasi SMK sehingga sekolah memiliki kinerja dan kualitas yang optimal melalui kemitraan dan penyelarasan yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, serta dunia kerja. Dengan demikian, lulusan SMK bisa diserap dan diapresiasi masyarakat
SMK Negeri 2 Padang Panjang akan meningkatkan dan mengembangkan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) diantaranya :
- Peningkatan dan Penguatan penyelarasan kurikulum bersama praktisi dunia kerja sehingga terjadi link and super match dengan berbagai program kolaborasi berkelanjutan
- Meningkatkan kualitas SDM melalui program magang, up-skilling dan re-skilling.
- Menerapkan program budaya kerja dan penguatan karakter untuk seluruh warga sekolah
- Meningkatkan Program pendampingan wirausaha bagi peserta didik melalui kegiatan perancangan produk kreatif dan inovatif serta menyelanggarakan pameran rutin sebagai sarana pemasaran.
- Mengembangkan dan meningkatkan program Dual Based Learning guna meningkatkan keterserapan lulusan di dunia kerja.
- Optimalisasi pemanfaatan platform teknologi dalam seluruh aspek kegiatan operasional dan pembelajaran di Sekolah.
- Serta upaya peningkatan kualitas dan kuantitas Sarana Prasana guna menunjang proses pembelajaran yang baik dan ideal.
Waktu Pelaksanaan Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)
Program akan dilaksanakan pada Juli 2023
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Dasar Philosofi Ki hajar Dewantara :
‘Maksud Pengajaran dan Pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)”
Komponen Pelajar Pancasila Yang Di Kembangkan :
Dimensi : 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif
Lingkungan yang Mendukung :
Lingkungan yang mendukung adalah komunitas keluarga, komunitas kelas dan antar kelas, komunitas sekolah, dan komunitas yang lebih luas.
Lingkungan yang membuka wawasan siswa agar dapat menentukan dan menindaklanjuti harapan atau mimpi yang manfaatnya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok maupun golongan.
Lingkungan yang menempatkan siswa sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajaranyan sendiri.
Prakarsa Perubahan :
Menguatkan keterlibatan siswa pada proses belajar untuk mewujudkan harapan atau mimpinya yang akan membawa manfaat untuk lingkungan sekolah melalui berbagai kegiatan SMK PUSAT KEUNGGULAN (SMK PK).
Perumusan Strategi Pelaksanaan Program :
Pendekatan yang digunakan adalah Inkuiri Apresiatif (IA) yakni : sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi positif dan pendidikan positif, serta pendekatan berbasis kekuatan. Inkuiri apresiatif juga merupakan paradigma berbasis kekuatan yang dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif
B
Buat Pertanyaan Utama
Bertanya :
Bagaimana menguatkan keterlibatan siswa dalam mewujudkan impiannya tentang lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman untuk meningkatkan dan mengembangkan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban
Diskusi dengan siswa tentang program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Berdiskusi dengan rekan guru dan Kepala Sekolah dan pihak mitra DUDI tentang bagaimana melibatkan semua siswa pada peningkatan dan pengembangan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Rencana melibatkan Siswa ( Suara, Pilihan dan Kepemilikan)
Mengumpulkan ide dan gagasan tentang program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Aset / Kekuatan
Siswa
Orang tua Siswa
Guru Dan Kepala Sekolah
Mitra Dunia Usaha dan Industri
Waktu
1 Bulan
Penanggungjawab
Kepala Sekolah
Guru dan Calon Guru Penggerak
A
Ambil Pelajaran
Pertanyaan :
Apa saja pengalaman siswa tentang pelajaran yang menguatkan keterlibatannya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia?
Apa saja program yang telah dilaksanakan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban
Mengajak siswa terlibat aktif memberikan mencari dan memberikan informasi berkaitan dengan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Mengajak semua guru melakukan evaluasi terhadap program yang telah ada sebelumnya
Rencana melibatkan Siswa ( Suara, Pilihan dan Kepemilikan)
Siiswa terlibat mendesain program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Aset / Kekuatan
Siswa
Orang tua Siswa
Guru Dan Kepala Sekolah
Mitra Dunia Usaha dan Industri
Waktu
1 Bulan
Penanggungjawab
Kepala Sekolah
Guru dan Calon Guru Penggerak
G
Gali Mimpi
Pertanyaan :
Desain kegiatan seperti apa yang digagas oleh siswa?
Bagaimana kebijakan sekolah mendukung keterlibatan siswa untuk program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban
Mengajak siswa mempresentasikan desain program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) dan menentukan pilihan aktifitas dalam program yang akan dikerjakan
Rencana melibatkan Siswa ( Suara, Pilihan dan Kepemilikan)
Siswa merencanakan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)?
Siswa membuat perencanaan kegiatan dan mengidetifikasi kebutuhan yang diperlukan
Aset / Kekuatan
Kolaborasi Siswa, Orang tua Siswa, Guru Dan Kepala Sekolah, Mitra Dunia Usaha dan Industri
Sarana dan Prasarana sekolah
Waktu
1 Bulan
Penanggungjawab
Kepala Sekolah
Guru dan Calon Guru Penggerak
J
Jabarkan Rencana
Pertanyaan :
Apa langkah yang dilakukan siswa untuk melaksanakan merencanakan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban
Membuat kelompok kecil siswa untuk setia sub program (jenis program) program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)
Melibatkan orang tua, Mitra Dunia Usaha dan Industri, masyarakat untuk terlibat aktif
Rencana melibatkan Siswa ( Suara, Pilihan dan Kepemilikan)
Siswa terlibat aktif pada sub kegiatan sesuai dengan minat dan bakatnya
Setiap kelompok siswa bertanggungjawab akan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas masing-masing
Aset / Kekuatan
Kolaborasi Siswa, Orang tua Siswa, Guru Dan Kepala Sekolah, Mitra Dunia Usaha dan Industri
Kebijakan sekolah
Sarana dan Prasarana sekolah
Waktu
1 Bulan
Penanggungjawab
Kepala Sekolah
Guru dan Calon Guru Penggerak
A
Atur Eksekusi
Pertanyaan :
Bagaimana kegiatan program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) berjalan sesuai harapan?
Siapa yang bertanggungjawab untuk menjaga integritas dan motivasi siswa agar program-program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) berjalan sesuai harapan?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban
Setiap kelompok siswa bertanggungjawab membuat laporan berkala dan laporan akhir kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)
Guru dan semua pihak saling berkolaborasi untuk memantau keterlibatan siswa pada kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)
Rencana melibatkan Siswa ( Suara, Pilihan dan Kepemilikan)
Siswa mengisi agenda kegiatan harian sesuai tugas dan peranan yang telah dipilih
Aset / Kekuatan
Kolaborasi Siswa, Orang tua Siswa, Guru Dan Kepala Sekolah, Mitra Dunia Usaha dan Industri
Kebijakan sekolah
Sarana dan Prasarana sekolah
Waktu
1 Bulan
Penanggungjawab
Kepala Sekolah
Guru dan Calon Guru Penggerak
Keterlibatan Komunitas
Adanya komunitas luar sekolah yang mendukung kegiatan kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sangat diperlukan :
Komite Sekolah, DUDI, Praktisi Bidang Teknologi, Praktisi Dunia Kerja dll
Monitoring dan Evaluasi
Apakah program kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sudah berjalan dengan baik?
Monitoring diperlukan untuk memastikan bahwa program kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sudah berjalan dengan baik dan mecapai sasaran sesuai dengan yang diharapkan
Sejauh mana program program kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sudah berjalan dan apa saja hambatan yang ada?
Dalam kegiatan Evaluasi harus dipastikan bahwa tujuan dari kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sudah tercapai atau belum serta apa saja hambatan yang ada untuk dicarikan solusi dan penyelesaiannya
Mewujudkan transformasi SMK sehingga sekolah memiliki kinerja dan kualitas yang optimal melalui kemitraan dan penyelarasan yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, serta dunia kerja agar dengan demikian, lulusan SMK bisa diserap dan diapresiasi masyarakat.
Program transpformasi tersebut semaksimal mungkin melibatkan siswa sebagai Students Agency, dengan memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada siswa mulai dari perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi.
Baca juga :
Aksi Nyata Modul 3 2 CGP Angkatan 6 Tahun 2023
Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Siswa