Amankah Mengunakan Virtual Private Network (VPN)?

/Networking

Keamanan terkadang menjadi perdebatan antara karyawan dengan perusahaan IT. VPN dapat membuat koneksi Anda sangat aman, tetapi itu juga tergantung dengan protokol (jalan) yang Anda gunakan untuk melakukan koneksi.

 

Keamanan menggunakan VPN masih terhalang dua faktor utama, yaitu:

1.Batasan Teknologi
Limitasi teknologi yang digunakan untuk mengembangan VPN, seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.

2.Batasan Hukum
Batasan hukum dan kebijakan memengaruhi apa yang dapat dilakukan dengan teknologi itu. Begitu pula dengan undang-undang negara tempat server dan perusahaan menyediakan VPN berada. Terkadang kebijakan perusahaan sendiri mempengaruhi cara perusahaan menerapkan teknologi ini dalam layanan mereka.

Jadi bisa dibilang tidak sepenuhnya menggunakan VPN itu aman. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.

Kapan Harus Menggunakan VPN?
Ada beberapa alasan menarik untuk menggunakan teknologi ini:

1.Membantu Anda mendapatkan koneksi yang lebih aman ketika menggunakan WiFi publik.
2.Mengenkripsi aktivitas Anda di situs web.
3.Menyembunyikan aktivitas Anda terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui secara diam-diam.
4.Menyembunyikan lokasi, dan mengizinkan Anda mengakses geo-blocked content ‘konten-konten yang diblok berdasarkan wilayah geografis’.
5.Memastikan Anda lebih anonim di dalam situs web.

 

Cara Mendapatkan VPN Gratis
VPN Gratis adalah layanan yang menyediakan server VPN dan dapat Anda gunakan secara gratis. Melalui situs-situs di bawah ini, Anda bisa mendapatkan akses VPN secara gratis. Ada beberapa situs penyedia VPN Gratis yang bisa Anda coba. Situs-situs penyedia VPN Gratis ini menyediakan layanan aplikasi VPN yang dapat digunakan di perangkat desktop. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan VPN pada perangkat mobile maupun desktop dapat mencoba aplikasi seperti Hotspot Shield atau Tunnel Bear.

Hotspot Shield
Hotspot Shield adalah penyedia layanan VPN yang cukup populer. Meskipun menyediakan layanan premium, tetapi Hotspot Shield juga menawarkan versi gratis yang dapat Anda coba.

Versi ini dapat mencegah situs yang mengandung malware dan membawa Anda untuk terkoneksi dengan situs yang diblok. Namun, versi gratis hanya dapat mengkoneksikannya untuk satu perangkat saja.

TunnelBear
TunnelBear adalah aplikasi VPN yang cukup sederhana tetapi powerful. TunnelBear memiliki tampilan yang menarik sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

TunnelBear adalah sebuah aplikasi VPN yang ramah untuk perangkat Anda. TunnelBear memiliki UI yang menarik dan sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Versi yang ditawarkan juga ada dua, gratis dan berbayar. Versi gratis dapat Anda coba sampai dengan 500MB penggunaan.

Hide.me
Hide.me merupakan aplikasi penyedia internet yang ada di Malaysia dan mempunyai puluhan server yang ada di dunia. Versi gratis dari aplikasi ini mengizinkan Anda untuk menggunakan sampai dengan 3GB setiap bulannya.

 

Resiko VPN Gratis
Selain VPN memiliki banyak kegunaan, ternyata penelitian baru-baru ini mengungkapkan jika VPN gratis lebih banyak memiliki risiko dalam penggunaannya di banding VPN berbayar. Berikut beberapa risiko VPN gratis, diantaranya:

1.Mengandung malware, terutama VPN yang gratis dalam iklan yang mereka sematkan. Berbanding terbalik dengan VPN Premium yang sudah menyediakan Adblocker, perlindungan malware dan bandwith yang tak terbatas.
2.Dapat melacak aktivitas online sehingga pengiklan dapat menargetkanmu dengan iklan yang lebih baik.
3.Membatasi jumlah data yang digunakan.
4.Pembajakan.
5.Memperlambat koneksi internet.
6.Memberimu banyak iklan.
7.Penyadapan data perbankan.

Bacaan:
niagahoster.co.id
id.wizcase.com

Baca juga:

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengunakan Virtual Private Network (VPN)

Kelebihan dan Kekurangan Mengunakan Virtual Private Network (VPN)