Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengunakan Virtual Private Network (VPN)

/Networking

Jika Anda berpikir untuk berlangganan VPN, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1.Kecepatan tinggi
2.Enkripsi yang kuat dan protokol keamanan berkualitas tinggi
3.Kebijakan privasi yang dapat dipercaya
4.Kemampuan untuk mengakses konten global
5.Kompatibilitas banyak perangkat dan lintas platform
6.Pengalaman pengguna yang luar biasa
7.Dukungan pelanggan yang andal
8.Menghargai nilai uang

Kecepatan tinggi
Menggunakan VPN dapat memperlambat koneksi Anda, karena data Anda sedang dienkripsi dan dialihkan melalui peladen lain. Pada beberapa VPN, perbedaannya hampir tidak terlihat, sedangkan pada sejumlah VPN yang lainnya dapat menyebabkan pelambatan yang cukup signifikan. VPN Anda tidak akan banyak berguna jika memperlambat kecepatan koneksi Anda hingga ke tingkat merayap, jadi pastikan Anda memilih layanan dengan lebar pita (bandwidth) tak terbatas dan banyak peladen yang cepat.

Enkripsi yang kuat dan protokol keamanan berkualitas tinggi
Salah satu alasan utama untuk menggunakan VPN adalah untuk membuat koneksi Anda seaman mungkin, jadi jangan berhemat ketika menyangkut keamanan. Cari layanan dengan enkripsi AES 256-bit — standar industri — dan protokol yang sangat aman seperti OpenVPN dan IKEv2.

Kebijakan privasi yang dapat dipercaya
Sangat penting untuk memilih penyedia dengan kebijakan tanpa-log yang ketat. Jika tidak, perusahaan menyimpan data Anda dan berpotensi membagikannya dengan pihak ketiga seperti pemerintah. Pastikan penyedia juga berbasis di luar aliansi 5/9/14 Eyes (ini adalah kelompok negara yang berbagi data pengawasan). Jika Anda tidak yakin di mana penyedia berada, baca kebijakan privasinya.

Kemampuan untuk mengakses konten global
Kelebihan utama dari VPN adalah mereka memungkinkan Anda untuk melewati sensor dan pembatasan geografis. Tetapi tidak semua VPN dibuat sama dalam hal ini. Jika Anda ingin menggunakan VPN untuk mengakses situs tertentu seperti Netflix, atau menggunakannya untuk membuka blokiran tembok-api (firewall) negara tertentu, lakukan riset dan pastikan penyedia mendukungnya sebelum Anda membeli. Anda juga dapat menggunakan uji coba gratis dan jaminan uang kembali untuk menguji VPN.

Kompatibilitas banyak perangkat dan lintas platform
Anda ingin semua perangkat Anda terlindungi, jadi carilah penyedia yang memungkinkan beberapa koneksi simultan. Dan ingat untuk memeriksa apakah VPN tersebut juga kompatibel dengan semua perangkat Anda.

Pengalaman pengguna yang luar biasa
Jangan buang uang untuk layanan yang lambat, tidak dapat diandalkan, atau memiliki antarmuka pengguna yang canggung. Lakukan riset dan pastikan penyedia tersebut mendapat nilai tinggi sebelum melakukan. Membaca ulasan adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Dukungan pelanggan yang andal
Jika terjadi kesalahan, Anda harus yakin bahwa hal tersebut akan diselesaikan dengan cepat. Cari penyedia dengan dukungan obrolan langsung yang tersedia 24/7, serta dukungan email. Jadi sebuah bonus jika Anda dapat menelepon ketika ada masalah.

Menghargai nilai uang
Saat Anda membayar layanan, Anda harus yakin bahwa Anda mendapatkan nilai uang Anda. Itu tidak berarti memilih opsi termurah yang tersedia. Sebagai gantinya, cari s layanan dengan semua fitur yang disebutkan di atas dengan harga yang wajar.

Memilih VPN yang Baik
Jadi bagaimana Anda memilih VPN terbaik? Yah, hal itu tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk VPN. Lihatlah skenario di bawah ini dan lihat mana yang paling cocok dengan apa yang Anda cari, dan saya akan berbagi kiat untuk menemukan VPN terbaik untuk itu:

1.Untuk Membuka Blokiran Konten Global
2.Untuk Privasi dan Anonimitas (Khususnya pada Jaringan Umum)
3.Untuk Melakukan Torrenting Secara Aman
4.Untuk Melewati Penyensoran

Jika Anda ingin mengetahui apakah VPN memiliki fitur spesifik (seperti tombol pemutus (kill switch. atau aplikasi untuk TV pintar Anda), periksa situs web penyedia tersebut. Biasanya ada bagian yang mencantumkan semua fitur, dan bagian yang lainnya mencantumkan semua aplikasi yang tersedia.

 

Membuka Blokiran Konten Global
VPN memungkinkan Anda untuk mengubah lokasi virtual Anda serta mengakses konten yang tidak tersedia di negara Anda. Ini termasuk situs yang dibatasi seperti Netflix, Disney, Amazon Prime Video, dan banyak lagi lainnya. Pastikan Anda mendownload VPN dengan:

1.Kemampuan untuk membuka blokir konten global — Tidak semua VPN mampu membuka blokir aplikasi dan situs web yang dibatasi. Netflix sangat sulit diakses oleh VPN. Jadi, pastikan Anda mencari VPN yang terbukti bisa digunakan untuk Netflix.
2.Kecepatan tinggi — Anda memerlukan setidaknya 5 Mbps untuk kualitas HD dan 25 Mbps untuk kualitas Ultra HD. Lebih rendah dari 5 Mbps akan mengakibatkan buffering dan lag.
3.Jaringan server global — Gunakan VPN yang memiliki server di semua lokasi yang Anda inginkan. Sebagai contoh, Anda butuh VPN dengan server di Amerika Serikat jika ingin menonton Netflix US, Hulu, ataupun HBO Max.
4.Aplikasi khusus untuk berbagai perangkat — Periksa apakah disediakan aplikasi khusus untuk semua perangkat streaming Anda, entah itu laptop, smart TV, maupun Amazon Fire Stick.

 

Untuk Privasi dan Anonimitas (Khususnya pada Jaringan Publik)

Jaringan WiFi publik terkenal tidak aman, dan selalu lebih baik menggunakan VPN saat mengaksesnya untuk menjaga keamanan data Anda. Bagian ini juga relevan bagi Anda jika Anda ingin sedapat mungkin tetap anonim setiap saat.

infografis tentang cara memilih vpn untuk privasi
  • Enkripsi ultra-aman: VPN Anda harus memiliki enkripsi AES 256-bit tingkat militer, yang paling aman di industri ini. Ini akan menjaga informasi Anda aman dari para peretas.
  • Protokol aman: Pastikan VPN memiliki OpenVPN atau IKEv2 siap sedia. Ini adalah protokol terkuat yang tersedia dan akan memastikan data Anda tetap privat.
  • Proteksi kebocoran DNS: Terkadang, masalah perangkat lunak dapat menyebabkan alamat IP Anda terlihat bahkan ketika Anda menggunakan VPN. Ini bukanlah hal yang Anda inginkan saat menggunakan jaringan publik! Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Beberapa VPN (mis. ExpressVPN) memiliki proteksi bawaan yang menghentikan hal ini terjadi.
  • Fitur tombol pemutus (kill switch): Fitur ini memutuskan koneksi Anda dari Internet jika koneksi VPN gagal. Ini penting karena memastikan data Anda tidak pernah terpapar ke orang lain di jaringan yang sama. Tidak semua VPN memiliki tombol pemutus (kill switch), jadi Anda sebaiknya memastikan memilih VPN yang memilikinya.

 

Untuk Melakukan Torrenting Secara Aman

Torrenting bisa berisiko. Anda berpotensi mengekspos perangkat Anda ke program jahat (malware), dan dapat menimbulkan masalah dengan pihak berwenang jika Anda mengunduh sesuatu yang tidak seharusnya. VPN yang baik akan melindungi Anda dari keduanya.

infografis tentang cara memilih vpn untuk torrent
  • Enkripsi ultra-aman: Anda memerlukan VPN dengan enkripsi AES 256-bit yang berkelas militer jika Anda ingin aktivitas Anda tetap senyaman mungkin.
  • Kecepatan: Koneksi cepat penting ketika melakukan torrenting, jadi pastikan penyedia mencantumkan “Lebar pita (bandwidth) tak terbatas” di situs web-nya dan memeriksa ulasan untuk melihat seberapa cepat peladen
  • Dukungan P2P: Beberapa penyedia membatasi lebar pita (bandwidth) Anda jika mereka mendeteksi Anda melakukan torrenting, jadi periksalah situs web mereka untuk melihat apakah mereka mendukung P2P. Penyedia lain, seperti NordVPN, sangat ramah dan bahkan menawarkan peladen P2P khusus.
  • Proteksi dari program jahat (malware): VPN tertentu menawarkan fitur tambahan yang melindungi Anda dari program jahat (malware), seperti CyberSec dari NordVPN dan CleanWeb dari Surfshark.
  • Protokol aman: Seperti di atas, pastikan VPN menggunakan OpenVPN atau IKEv2. Dengan begitu, tidak ada orang lain yang tahu apa yang Anda torrenting.
  • Fitur tombol pemutus (kill switch): Fitur ini memutus koneksi Anda dari Internet jika koneksi VPN gagal, sehingga aktivitas Anda tidak pernah terpapar. Jika Anda khawatir akan mendapat masalah dengan pihak berwenang, ini suatu keharusan.

 

Untuk Melewati Penyensoran

VPN dapat membantu Anda melewati penyensoran di tempat kerja, di universitas, atau bahkan di negara-negara di mana akses Internet sangat dibatasi. Menggunakan VPN adalah ilegal di beberapa negara, jadi waspadalah terhadap risiko yang ada dan jangan kompromi pada keamanan.

infografis tentang cara memilih vpn untuk melewati sensor
  • Enkripsi ultra-aman: VPN Anda harus memiliki enkripsi AES 256-bit tingkat militer. Ini sangat penting jika Anda berada di negara di mana VPN ilegal, karena Anda pastinya tidak ingin
  • Kemampuan untuk melewati penyensoran: Sebagian besar layanan seharusnya tidak mengalami kesulitan melewati batasan Internet di tempat kerja Anda, tetapi mengatasi Great Firewall of China bisa jadi masalah yang berbeda. Jika Anda berencana bepergian ke negara yang menerapkan penyensoran, pilih layanan seperti ExpressVPN yang terbukti bekerja di sana.
  • Protokol aman: Pastikan VPN menggunakan OpenVPN atau IKEv2. Sekali lagi, ini paling relevan di negara-negara di mana Anda bisa mendapat masalah karena menggunakan VPN.

 

Ada berbagai VPN gratis di luar sana, dan Anda mungkin tergoda untuk menggunakannya jika anggaran Anda terbatas. Beberapa cukup aman untuk melindungi privasi Anda, dan bahkan mungkin cukup baik untuk penelusuran biasa.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan VPN gratis. Untuk satu hal, Anda benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar — VPN gratis sering memiliki kecepatan lambat dan batas data serendah 2GB sebulan. Itu berarti Anda tidak dapat menggunakannya lebih dari penelusuran umum. Anda juga tidak akan memiliki akses ke layanan dukungan pelanggan jika ada masalah. Beberapa penyedia gratis bahkan menggunakan protokol yang lemah (seperti PPTP) yang penuh dengan lubang keamanan.

Bacaan:
niagahoster.co.id
id.wizcase.com

Baca juga :

Virtual Private Network (VPN) & Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangan Mengunakan Virtual Private Network (VPN)