Kelebihan dan Kekurangan Mengunakan Virtual Private Network (VPN)

/Networking

Kelebihan VPN Menggunakan VPN
Dengan Virtual Private Network (VPN) dapat membantu Anda Membuka Blokiran Netflix, BBC iPlayer, Amazon Prime Video, Vudu, Hulu, dan Konten Global Lainnya. Alasan lainnya adalah :

1.Melewati Blok Geografis
Jika Anda berada di negara di mana konten tertentu tidak tersedia, Anda masih ingin dapat menonton acara favorit Anda bukan? Beberapa negara memblokir platform seperti Netflix, Hulu, BBC iPlayer, dan YouTube. Itu berarti Anda akan menghadapi satu pesan kesalahan yang menjengkelkan satu demi satu ketika Anda mencoba mengaksesnya.

Tetapi VPN dapat membantu Anda melewati blok geografis dan menonton apa pun yang Anda suka dari mana saja di dunia. Beberapa layanan (seperti Netflix) telah menyadari hal ini dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk mendeteksi VPN guna memblokir akses. Yang Anda perlukan hanyalah memilih VPN yang bisa mengakali pemblokiran ini VPN.

2.Memainkan Game yang Kena Blokir-Wilayah Dari Mana Saja
Pernahkah Anda ingin bermain game online tetapi ternyata game itu diblokir di Indonesia? Anda tidak sendirian — masalah yang membuat frustrasi ini dihadapi oleh banyak gamer di seluruh dunia. Tetapi dengan VPN, Anda dapat mengubah lokasi dan memainkan game apa pun yang Anda suka dari mana pun Anda berada di dunia ini.

T3.orrenting Aman
Torrenting bisa berisiko karena Anda tidak dapat selalu yakin apa yang ada di file yang Anda unduh. Lebih buruk lagi, Anda berisiko mendapat masalah dengan pihak berwenang jika Anda melakukan torrenting sesuatu yang seharusnya tidak Anda lakukan.

VPN dapat melindungi Anda dengan menyembunyikan identitas Anda. VPN juga akan mencegah ISP Anda memperhatikan apa yang Anda lakukan dan membatasi lebar pita (bandwidth) Anda. Beberapa layanan VPN, seperti NordVPN dan CyberGhost, bahkan punya peladen khusus torrenting dan fitur tambahan untuk melindungi Anda dari program jahat (malware).

4.Privasi dan Anonimitas Online yang Lebih Baik
Sudahkah Anda mengirim detail bank ke teman secara online? Apakah Anda sering menggunakan jaringan Wi-Fi umum? Jika demikian, Anda mungkin membiarkan pintu terbuka lebar untuk para peretas, terutama jika Anda menggunakan hotspot Wi-Fi publik.

VPN yang baik akan menggunakan enkripsi paling canggih untuk mengamankan data Anda. Itu juga akan memastikan bahwa situs web yang menangani data Anda tidak dapat melihat dari mana asalnya, membuat Anda seanonim mungkin.

5.Menghindari Penyensoran
Lusinan negara di seluruh dunia menyensor konten karena tidak selaras dengan keyakinan politik atau agama mereka. Jika Anda berencana untuk bepergian ke negara yang sangat menyensor internet (seperti China), Anda akan membutuhkan VPN untuk membantu Anda mengatasi pembatasan yang ada. Tanpa itu, tugas-tugas sederhana seperti Googling atau memperbarui status Anda di Facebook praktis tidak mungkin dilakukan. VPN membantu Anda membuka blokiran situs-situs ini, dan juga menjaga data Anda tetap aman dari segala gangguan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan VPN untuk melewati tembok-api (firewall) yang biasa ditemukan di jaringan kantor atau instansi.

6.Meningkatkan Kecepatan dan Koneksi Internet Anda
Ada kalanya, ISP Anda mungkin sengaja memperlambat koneksi Internet Anda. Mengapa? Mungkin karena mendeteksi bahwa Anda sedang melakukan torrenting, atau karena Anda telah melampaui batas data tertentu. Beberapa ISP bahkan menggunakan strategi ini untuk mencoba membuat Anda meningkatkan (upgdate) koneksi Anda. Praktik ini dikenal sebagai “pembatasan (throttling).”

Tetapi dengan VPN, aktivitas Anda tetap privat, dan bahkan ISP Anda tidak dapat melihatnya. Itu berarti ISP Anda tidak dapat membatasi lebar pita (bandwidth) Anda, sehingga Anda mungkin benar-benar melihat peningkatan kecepatan.

7.Menghemat Uang
Terkadang, VPN benar-benar dapat menghemat uang Anda. Bagaimana? Yah, banyak platform e-niaga menampilkan harga berbeda kepada para pengguna berdasarkan lokasi mereka — jadi menyambung ke peladen di negara lain dapat menunjukkan harga yang lebih murah. Misalnya, jika memesan penerbangan dari AS ke Inggris tampaknya terlalu mahal, Anda mungkin menemukan kesepakatan yang lebih murah dengan terkoneksi ke peladen India.

Ini bagus untuk diingat jika Anda sering bepergian atau berlibur. Dengan VPN, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang dari biaya penerbangan, sewa mobil, akomodasi, dan pembelian online lainnya.


Kekurangan VPN atau Kerugian Menggunakan VPN
1 Akses mungkin sedikit memperlambat koneksi Anda. Data Anda harus dienkripsi dan dialihkan melalui peladen VPN, yang mungkin jauh dari lokasi Anda yang sebenarnya. Ini pasti memperlambat segalanya, tetapi Anda dapat secara signifikan mengurangi kecepatan ini dengan memilih layanan ultra cepat seperti ExpressVPN.

2.Beberapa situs memblokir VPN. Situs-situs tertentu (seperti Netflix) sudah sangat pandai mendeteksi ketika Anda menggunakan VPN dan memblokir Anda. Namun, VPN terbaik yang ada di pasar dengan cepat mengganti peladen yang diblokir, menyulitkan situs-situs ini untuk mengikutinya.

3.Yang terbaik membutuhkan biaya. VPN gratis memang ada, tetapi cenderung memiliki fitur dan risiko keamanan yang terbatas.
4.Penyedia Anda mungkin mencatat data Anda. Karena data Anda melalui peladen penyedia VPN, selalu ada risiko mereka dapat menyimpannya. Untuk meminimalkan risiko ini, pastikan penyedia Anda memiliki kebijakan tanpa-log, dan periksa apakah penyedia tersebut tidak berbasis di negara di mana wajib berbagi data dengan pihak berwenang. Selalu baca kebijakan privasi untuk melihat bagaimana data Anda akan ditangani.

5.VPN adalah ilegal di beberapa negara. Anda bisa berisiko mendapat masalah dengan pihak berwenang jika Anda menggunakan VPN di negara di mana hal tersebut ilegal untuk melakukannya. Negara-negara ini termasuk China, Turki, dan Irak.

6.Anda akan berbagi alamat IP dengan orang lain. Ada beberapa pengguna VPN yang terhubung ke setiap peladen, sehingga alamat IP Anda akan tampak sama dengan orang lain. Ini bisa menjadi masalah jika seseorang berperilaku tidak tepat saat menggunakan VPN, karena dapat menyebabkan alamat IP tersebut masuk daftar hitam oleh situs-situs tertentu. Secara efektif, Anda dapat dihukum karena perilaku buruk orang lain. Anda dapat menghindari ini dengan memilih VPN yang menawarkan alamat IP khusus.

7.Tidak tersedia untuk semua perangkat. Mungkin sulit untuk menemukan aplikasi untuk perangkat yang lebih lama atau yang menggunakan sistem operasi yang lebih tidak jelas.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih VPN
Jika Anda berpikir untuk berlangganan VPN, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
1.Kecepatan tinggi
2.Enkripsi yang kuat dan protokol keamanan berkualitas tinggi
3.Kebijakan privasi yang dapat dipercaya
4.Kemampuan untuk mengakses konten global
5.Kompatibilitas banyak perangkat dan lintas platform
6.Pengalaman pengguna yang luar biasa
7.Dukungan pelanggan yang andal
8.Menghargai nilai uang

Bacaan:
niagahoster.co.id
id.wizcase.com

Baca juga :

Virtual Private Network (VPN) & Cara Kerjanya

Metode Peretasan Jaringan Komputer